Jakarta (ANTARA) - Kelurahan Semanan, Jakarta Barat, memenangkan lomba inovasi antarkelurahan tingkat Kecamatan Kalideres berkat ide "Sobat Lurah" dan "Mobile Balita Sehat Semanan (M-Basesa)".

Camat Kalideres, Naman Setiawan memberikan piala dan piagam penghargaan kepada Lurah Semanan, Bayu F Gantha pada lomba inovasi antarkelurahan tingkat Kecamatan Kalideres tahun 2023 pada Senin.

"Ya, tadi saya telah memberikan kepada para juara lomba kelurahan tingkat Kecamatan Kalideres," kata Naman Setiawan saat memberikan piala dan penghargaan pada apel  di halaman Kantor Kecamatan Semanan.

Juara pertama diraih Kelurahan Semanan, juara kedua Kelurahan Tegal Alur dan Juara ketiga Kelurahan Pegadungan.

Baca juga: Kelurahan di Jakbar menang lomba inovasi berkat ide "belanja masalah"

​​​​​​Menurut dia, Kelurahan Semanan terpilih menjadi yang terbaik karena memiliki poin tertinggi pada tahap administrasi. Sementara dari pemaparan, Lurah Semanan Bayu F Gantha memiliki sejumlah inovasi. Inovasi tersebut dalam bentuk aplikasi "Sobat Lurah" dan "M-Basesa".

Terkait persiapan mewakili Kecamatan Kalideres dalam lomba kelurahan tingkat kota, Lurah Semanan Bayu F Gantha tengah melakukan sejumlah persiapan, di antaranya pengumpulan data-data administrasi indikator lomba yang dibutuhkan.

"Karena indikatornya tidak sama saat lomba tingkat kecamatan, malah lebih banyak lagi. Minta doanya ya," katanya.

Selain itu, penataan kawasan terbaik tingkat DKI tahun 2023 di permukiman RT 03/4 Semanan 
serta pemberdayaan Usaha Kecil Menengah (UKM) Koperasi Produsen Tahu Tempe Indonesia (KOPTI).

"Dengan keunggulan dan inovasi tersebut, maka Kelurahan Semanan akan mewakili Kecamatan Kalideres pada lomba kelurahan tingkat Kota Jakarta Barat," tuturnya.

Baca juga: Kelurahan Semanan tak miliki lahan untuk RPTRA

Pihaknya akan melakukan pendampingan untuk mempersiapkan diri mengikuti lomba kelurahan tingkat kelurahan.

"Ada beberapa catatan atau evaluasi, ke depan kita dampingi, termasuk soal penertiban bidang pemerintah, baik kondisi eksternal dan internal kelurahan, kemudian terkait kewilayahan," katanya.

Bayu F Gantha mengatakan, piala dan penghargaan ini tentunya berkat andil semua pihak yang terlibat, terutama membuat terobosan atau inovasi dalam pelayanan masyarakat melalui layanan "Solusi Hebat Konsultasi Pelayanan Kelurahan" (Sobat Lurah) dan Mobile Balita Sehat Semanan (M-Basesa).

Bayu mengatakan, layanan "Sobat Lurah" dibuat pada tahun 2022. Sedangkan layanan "Mobile Balita Sehat Semanan (M-Basesa)" masih dalam proses finalisasi.

"Sobat Lurah" dibuat untuk memberikan layanan masyarakat berupa konsultasi melalui WhatsApp (WA). Sedangkan "M-Basesa" dibuat untuk memonitor perkembangan balita di Semanan, mulai dari berat badan, tinggi badan, vaksinasi dan informasi lain yang dibutuhkan.

 

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023