Bengaluru (ANTARA) - Saham Eropa dibuka lebih tinggi pada Kamis, menggemakan sentimen optimistis di Wall Street di tengah tanda-tanda bahwa Washington semakin mendekati kesepakatan untuk menaikkan plafon utang AS dan menghindari gagal bayar.

Indeks STOXX 600 di seluruh benua Eropa terangkat 0,4 persen pada pukul 07.08 GMT, dengan saham produsen mobil dan saham teknologi memimpin kenaikan.

Saham-saham AS menguat pada Rabu (17/5) setelah Presiden Joe Biden dan anggota kongres utama AS dari Partai Republik Kevin McCarthy menegaskan kembali tekad mereka untuk segera mencapai kesepakatan guna menaikkan plafon utang dan menghindari gagal bayar bencana ekonomi.

Volkswagen bertambah 2,6 persen di tengah rencana perusahaan pembuat mobil itu untuk merombak merek intinya guna meningkatkan efisiensi dan keuntungan.

Saham tersebut adalah pemenang teratas di saham unggululan DAX Jerman, yang naik 0,9 persen ke level tertinggi baru satu setengah tahun.

Deutsche Bank AG tergelincir 1,3 persen setelah setuju untuk membayar 75 juta dolar AS buat menyelesaikan gugatan oleh wanita yang mengatakan mereka dilecehkan oleh mendiang pemodal Jeffrey Epstein, dan menuduh bank Jerman itu memfasilitasi perdagangan seksnya.

Merek fesyen mewah Inggris Burberry merosot 4,9 persen bahkan saat melaporkan penjualan kuartal keempat yang lebih kuat dari perkiraan.

Beberapa pasar, termasuk di Nordik dan Swiss, ditutup untuk Hari Kenaikan Isa Al Masih.

Baca juga: Saham Eropa melemah tertekan operator bursa, kegelisahan pagu utang AS
Baca juga: Saham Eropa dibuka melemah terseret ekuitas otomotif dan pertambangan
Baca juga: Saham Eropa naik, investor cerna situasi politik dan data ekonomi

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023