Setelah Kloter 8 seterusnya hingga Kloter 17 Embarkasi Banjarmasin langsung terbang ke Mekkah
Banjarmasin (ANTARA) -
Embarkasi Banjarmasin, Kalimantan Selatan memberangkatkan jamaah calon haji kelompok terbang (Kloter) 8 dari Kabupaten Hulu Sungai Utara langsung ke Tanah Suci Mekkah, Arab Saudi pada Kamis sore pukul 16.05 WITA dari Bandara Internasional Syamsuddin Noor Banjarmasin.
 
"Kloter 8 Embarkasi Banjarmasin masuk keberangkatan gelombang kedua jamaah calon haji Indonesia yang tujuannya langsung ke Mekkah," kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalsel Dr H Muhammad Tambrin di Banjarbaru, Kamis.
 
Menurut dia, Kloter 8 Embarkasi Banjarmasin merupakan kloter pertama yang langsung ke Mekkah, di mana sebelumnya tujuh kloter yang terdahulu ke Madinah.
 
"Setelah Kloter 8 seterusnya hingga Kloter 17 Embarkasi Banjarmasin langsung terbang ke Mekkah," katanya.

Ia menjelaskan  jamaah calon haji Kloter 8 yang jumlahnya sebanyak 328 orang tersebut dijadwalkan mendarat di Bandara Internasional King Abdul Aziz, Mekkah pada pukul 23,55 Waktu Arab Saudi (WAS).
 
"Kita doakan perjalanan mereka lancar hingga sampai ke Tanah Suci Mekkah, sehat selalu dalam menjalankan ibadah haji," katanya.
 
Dia pun menyampaikan, dengan berangkat Kloter 8 ini, maka jamaah calon haji Embarkasi Banjarmasin yang sudah di Tanah Suci sebanyak 2.600 lebih, sebagian besar masih berada di Madinah.
 
"Untuk Kloter 1 Embarkasi Banjarmasin yang berangkat pada 29 Mei 2023 lalu ke Madinah, kini diinformasikan sudah mulai bergerak ke Mekkah," katanya.

Ia menjelaskan dalam keberangkatan jamaah calon haji terus menyampaikan agar semua mengikuti arahan petugas haji, demikian juga terus menjaga kesehatan, selalu meminum air karena suhu di tanah suci diinformasikan sekitar 40 derajat Celcius pada siang hari.
 
Sebelumnya, untuk Embarkasi Banjarmasin memberangkatkan sebanyak 17 Kloter pada tahun 2023 ini.
 
Karena, katanya, Embarkasi Banjarmasin melayani penerbangan jamaah haji dua provinsi, yakni, Kalsel dan Kalimantan Tengah.
 
Adapun jumlah jamaah calon haji dua provinsi tersebut, sebanyak 5.430 orang, dengan rincian, dari Kalsel sebanyak 3.818 orang dan dari Kalteng sebanyak 1.590 orang, demikian Muhammad Tambrin.

Baca juga: Kloter 5 Embarkasi Banjarmasin diberangkatkan terpisah

Baca juga: Kalsel dapat tambahan kuota haji sebanyak 113 orang

Baca juga: Wagub: Calon haji Kalteng sekaligus berperan sebagai duta Indonesia

Baca juga: PPIH Embarkasi Banjarmasin terapkan layanan satu pintu di asrama haji

 

Pewarta: Sukarli
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023