Pekanbaru, (ANTARA) - Universitas Riau (UNRI) melanjutkan kerjasama ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) sebagai salah satu perguruan tinggi dalam Pusat Studi ASEAN (PSA)

Kegiatan penandatanganan Nota Kesepahaman ini, dilakukan dalam konferensi PSA dengan Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN, Kementerian Luar Negeri (Kemlu), bersama dengan pimpinan 19 Perguruan Tinggi, salah satu di antaranya UNRI.

“UNRI melaksanakan pembaruan Nota Kesepahaman yang selama ini sudah terjalin dengan baik. Kerja sama ini untuk penguatan di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat,” kata Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama, dan Sistem Informasi Universitas Riau (UNRI), Dr Ir Sofyan Husein Siregar mewakili Rektor dalam keterangan tertulisnya di Pekanbaru, Jumat.

Tiga pokok penting dalam nota kesepahaman, yaitu penguatan peran aktif PSA sebagai mitra Kemlu, penyelenggaraan program pemagangan peneliti PSA di Kemlu pada Ditjen Kerja Sama ASEAN dan klasterisasi keunggulan dan kekhususan PSA sesuai dengan karakteristik tiap daerah dan minat perguruan tinggi.

Baca juga: 186 peserta debat mahasiswa se-Sumatera berkompetisi di Pekanbaru

Baca juga: Unri jajaki kerja sama pendidikan dengan Jepang


Kerja sama ini, kata dia, akan sangat bermanfaat bagi UNRI, apalagi memang berada dalam kerangka pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi. Pihaknya ingin realisasi kerja sama ini juga berdampak pada pengembangan kualitas dan mutu pendidikan yang dihasilkan oleh UNRI.

“Pada kesempatan pertemuan ini, kita juga diberikan penguatan materi tentang sosialisasi hasil AMM, SOM, KTT ASEAN ke-42 di pilar-pilar masyarakat ASEAN yang meliputi bidang politik, keamanan, ekonomi, sosial, dan budaya,” ujarnya.

Selain UNRI, Universitas lain yang melakukan kerjasama adalah Universitas Sebelas Maret, Universitas Pasundan, Universitas Kristen Indonesia, Universitas Kediri, Universitas Wiraraja, Universitas Maritim Raja Ali Haji, Universitas Bosowa, Universitas Siliwangi, Universitas Dayanu Ikhsanuddin, Universitas Prof. Dr. Hazairin, S.H, Universitas Narotama, Universitas Garut, Universitas Medan Area, Universitas Mataram, Universitas Lambung Mangkurat, Universitas Negeri Semarang, dan Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Raja Haji.*

Baca juga: Tim ADB tinjau realisasi pembangunan sarana pendidikan di Unri

Baca juga: Syafira ke pemilihan mahasiswa berprestasi nasional 2023

Pewarta: Bayu Agustari Adha
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023