Medan (ANTARA) - Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) menjalin kerja sama dengan Kyungdong University (KDU) Korea Selatan yang menjadi bagian upaya internasionalisasi kampus yang terus diupayakan belakangan ini.

Wakil Rektor UMSU Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama Dr Rudianto di Medan, Jumat, mengatakan salah satu poin penting dalam kerja sama tersebut, pihak UMSU akan merekrut dan mengirimkan mahasiswanya untuk belajar selama 1 tahun di Korea Selatan dalam bentuk joint degree.

Kyungdong University Korea Selatan yang telah lebih dulu menandatangani MoU dengan Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah memberi kesempatan kepada mahasiswa UMSU untuk mengikuti program akademik di Korea Selatan, antara lain dengan jalur sarjana penuh atau pertukaran selama 2 semester.

Bagi mahasiswa UMSU yang mendaftar dan dinyatakan lolos, pihak KDU akan memberikan fasilitas perkuliahan gratis termasuk tempat tinggal selama di Korea. Selain itu mahasiswa UMSU juga punya peluang bekerja paruh waktu selama menjalani proses studi di sana.

Baca juga: Fakultas Kedokteran UMSU operasikan klinik spesialis

Baca juga: UMSU kukuhkan Irjen Pol Dadang Hartanto jadi Guru Besar


UMSU, kata Dr Rudianto, akan segera menyusun agenda untuk merekrut calon peserta untuk student mobility ke Korea Selatan itu lewat Lembaga Kerjasama dan Internasional atau OIC UMSU, mengingat pihak KDU memberikan batas waktu pendaftaran sebelum akhir bulan Juni tahun ini.

Untuk itu, UMSU akan terus membangun komunikasi dengan pihak KDU agar teknis rekrutmen dan keberangkatan mahasiswa tidak ada kendala.

"Karena kerja sama baru kita teken, kita akan bekerja cepat untuk sosialisasi dan rekrutmen, sambil memperjelas beberapa detail agenda kegiatannya," katanya.

Sementara Rektor UMSU Prof. Dr Agussani MAP menjelaskan program student mobility ke Korea ini menjadi bagian tahap internasionalisasi kampus. Selama ini UMSU telah mengirimkan mahasiswa ke Jepang, India, Taiwan, Malaysia, Thailand dan negara lainnya.

"Menjawab tuntutan globalisasi pendidikan dan MBKM saat ini, kita akan terus membangun kerjasama dengan kampus-kampus di negara lain agar mahasiswa kita bisa melakukan pertukaran, transfer credit atau juga joint degree ke negara lain," katanya.

"Apalagi saat ini UMSU juga telah banyak menerima mahasiswa asing. Di tahun 2022 yang lalu sebanyak 20 mahasiswa asing berasal dari Malaysia, Thailand dan Kamboja mendaftar menjadi mahasiswa baru UMSU," ucapnya.*

Baca juga: UMSU dan 33 SMA di Riau jalin kerja sama peningkatan pendidikan

Baca juga: 19 mahasiswa UMSU ikut KKN internasional di Malaysia

Pewarta: Juraidi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023