Jakarta (ANTARA) - Unggulan teratas Daniil Medvedev tersingkir dari Halle Open, turnamen pemanasan Wimbledon, setelah kalah dalam set langsung dari Roberto Bautista Agut, Jumat waktu setempat.

Medvedev kalah 7-5, 7-6 (7-3) melawan petenis Spanyol berusia 35 tahun itu. Unggulan kedelapan Bautista Agut kini mencatatkan head to head menang kalah 5-2 atas juara US Open 2021 itu.

"Untuk mengalahkan Daniil di lapangan ini, Anda harus bermain sangat bagus," kata Bautista Agut, seperti disiarkan AFP, Sabtu.

"Saya tidak merasa baik selama beberapa bulan tahun ini, tapi saya terus bekerja keras. Saya tahu tenis terkadang sangat sulit, tapi hari ini menunjukkan bahwa saya telah bekerja keras."

Medvedev, mantan petenis nomor satu dunia, menjadi runner-up di lapangan rumput Halle pada 2022, kalah dari petenis Polandia Hubert Hurkacz dalam dua set langsung di final.

Dengan rekor buruk di permukaan rumput, Medvedev tidak pernah mencapai perempat final di Wimbledon. Dia absen di turnamen tersebut tahun lalu menyusul larangan atlet Rusia berkompetisi karena perang di Ukraina.

Baca juga: Tsitsipas tersingkir dari Halle saat Medvedev capai perempat final

Sementara itu, pada pertandingan perempat final lainnya di Halle, unggulan ketiga Andrey Rublev bangkit dari ketertinggalan untuk mengalahkan petenis Belanda Tallon Griekspoor. Dia menyiapkan pertemuan dengan Bautista Agut.

Rublev kalah pada set pertama 3-6 tetapi memenangi dua set berikutnya 6-3, 6-4, membuatnya untuk kedua kalinya mengalahkan Griekspoor musim ini setelah kemenangan tiga set di Qatar Open, Doha, pada Februari.

Peraih medali emas Olimpiade Alexander Zverev juga melaju ke semifinal setelah mengalahkan petenis Chili Nicolas Jarry.

Petenis Jerman berusia 26 tahun, yang berhasil mencapai semifinal French Open tahun ini, itu mengalahkan Jarry dengan dua set langsung 7-5, 6-3.

"Luar biasa bahwa saya bisa terus bermain seperti yang saya lakukan di Paris, tetapi masih ada beberapa hal yang harus diperbaiki," ujar Zverev.

Baca juga: Kyrgios mundur dari turnamen pemanasan Wimbledon

Zverev akan bermain di semifinal untuk ketiga kalinya. Petenis Jerman itu sebelumnya berhasil mencapai final turnamen Halle pada 2016 dan 2017, kalah dari pemenang 10 kali Roger Federer pada kedua kesempatan tersebut.

Zverev akan bertemu Alexander Bublik di babak empat besar setelah lawan petenis Kazakhstan itu unggulan keempat asal Italia Jannik Sinner mundur karena cedera di set kedua pertandingan perempat final mereka.

Bublik memenangi set pertama 7-5 dan unggul 2-0 pada set kedua ketika Sinner mundur karena cedera kaki kanan.

Petenis Italia itu melakukan medical timeout pada akhir set pertama. Dia mendapatkan perawatan dari fisioterapis dan bermain, dan kalah dua gim sebelum mundur.

Sinner, petenis nomor sembilan dunia berusia 21 tahun, kini harus berpacu dengan waktu agar fit untuk Wimbledon yang akan dimulai pada awal Juli.

Baca juga: Alcaraz ke semifinal Queen's untuk kejar gelar lapangan rumput pertama

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023