Bengaluru (ANTARA) - Saham di bursa Eropa naik pada awal perdagangan Selasa, karena ekuitas penambang menguat setelah harapan dukungan kebijakan lebih besar dari China mengangkat harga logam, sementara saham JD Sports turun bahkan setelah pengecer Inggris itu bertahan pada perkiraan keuntungannya.

Indeks STOXX 600 pan-Eropa meningkat 0,5 persen pada pukuk 08.13 GMT, setelah jatuh selama enam sesi berturut-turut.

Perdana Menteri China Li Qiang mengatakan pertumbuhan ekonomi negara itu pada kuartal kedua akan lebih tinggi dari yang pertama dan diharapkan dapat mencapai target pertumbuhan ekonomi tahunan sekitar 5,0 persen.

Penambang adalah sektor dengan keuntungan terbesar di STOXX 600, menguat 1,4 persen karena harga emas dan logam lainnya naik, sementara sektor keuangan juga menjadi pendorong besar yang dipimpin oleh kenaikan di perusahaan yang berfokus pada China termasuk perusahaan asuransi Prudential PLC.

Investor juga akan fokus pada komentar dari Presiden Bank Sentral Eropa (ECB) Christine Lagarde pada konferensi di Sintra di kemudian hari untuk petunjuk lebih lanjut tentang kebijakan moneter di masa depan.

Namun demikian, JD Sports Fashion anjlok 4,1 persen ke dasar STOXX 600 setelah perusahaan peritel perlengkapan olahraga dan santai bermerek itu menandai beberapa pelunakan dalam perdagangan di bisnis Amerika Utara pada Juni.

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023