Saham H&M melonjak 7,3 persen ke level tertinggi lebih dari satu tahun
Bengaluru (ANTARA) - Saham Eropa dibuka lebih tinggi pada perdagangan Kamis, terangkat oleh H&M setelah perusahaan pengecer Swedia itu membukukan laba yang lebih kuat dari perkiraan, meskipun pernyataan hawkish dari sejumlah bankir bank sentral teratas membatasi sentimen risiko.

Indeks STOXX 600 pan-Eropa terdongkrak 0,1 persen pada pukul 07.04 GMT, sehari setelah para kepala bank sentral terkemuka, termasuk Ketua Federal Reserve AS Jerome Powell, mengisyaratkan pengetatan kebijakan lebih lanjut diperlukan untuk menjinakkan inflasi.

Saham H&M melonjak 7,3 persen ke level tertinggi lebih dari satu tahun setelah peritel fesyen terbesar kedua di dunia itu melampaui ekspektasi untuk laba operasional kuartalannya dan mengatakan penjualan kuartal ketiganya juga dimulai dengan awal yang baik.

Langkah tersebut mendorong sektor ritel Eropa diperdagangkan 1,1 persen lebih tinggi, sementara pembuat mobil merupakan pendongkrak sektoral terbesar kedua.

Renault melambung 4,2 persen setelah produsen mobil Prancis itu menaikkan prospek keuangan setahun penuh menyusul keberhasilan peluncurannya baru-baru ini.

Sementara itu, data awal menunjukkan harga konsumen Spanyol pada Juni naik 1,9 persen secara tahun ke tahun, sedikit dari ambang batas 2,0 persen untuk pertama kalinya sejak Maret 2021.

Baca juga: Saham Eropa dibuka naik karena data AS redakan kekhawatiran resesi
Baca juga: Saham Eropa dibuka naik karena optimisme China angkat penambang

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023