Jumbara dijadikan wadah untuk menggali potensi dan bakat
Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Sebanyak 141 personel Palang Merah Remaja (PMR) yang tergabung dalam Kontingen PMI Jawa Barat diberangkatkan ke Kabupaten Lampung Selatan, Lampung untuk mengikuti Jumpa Bakti dan Gembira (Jumbara) tingkat nasional ke IX.

"Personel PMR tersebut merupakan perwakilan dari PMR tingkat kabupaten/kota yang sebelumnya telah melewati berbagai seleksi dan terpilih menjadi peserta Jumbara tingkat nasional dari Kontingen PMI Jabar," kata Wakil Ketua PMI Jabar Kombes (purn) Ruhanda saat dihubungi dari Sukabumi, Jumat.

Dari 141 personel PMR Kontingen PMI Jabar sebanyak 71 personel dipersiapkan untuk mengikuti berbagai kegiatan di Jumbara mulai 2-10 Juli 2023 sementara sisanya merupakan merupakan pembina dan ofisial serta juga didampingi oleh pengurus PMI Jabar.

Menurut Ruhanda, para peserta ini dilepas langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jabar Setiawan dari Gedung Sate atau Kantor Gubernur Jabar pada Jumat, (30/6) sekitar pukul 13.30 WIB.

Di lokasi Jumbara mereka bergabung dengan peserta lainnya dari berbagai kontingen PMI se-Indonesia yang estimasi jumlah pesertanya mencapai 4.200 orang. Untuk Kontingen PMI Jabar terdiri anggota PMR mula yakni pelajar SD sederajat, tingkat madya pelajar SMP sederajat dan tingkat wira yang merupakan pelajar SA sederajat.

Baca juga: 41 siswa terpilih wakili Jatim di Jumbara PMR tingkat nasional
Baca juga: PMI DKI fasilitasi pembinaan puluhan anggota PMR dalam Jumbara Nasional


Ia berharap, seluruh personel yang jauh hari telah dilatih ini bisa menunjukkan bakat dan keahliannya yang terbaik. Meskipun, PMI Jabar tidak memiliki target yang muluk-muluk, tetapi peserta harus tetap memberikan yang terbaik sehingga bisa mengharumkan nama Provinsi Jabar.

Peserta Jumbara ini juga diikuti oleh sejumlah anggota PMR dari beberapa negara seperti Amerika Serikat, Singapura, Malaysia, Italia, Tiongkok, dan Timor Leste yang nantinya bisa dimanfaatkan untuk saling tukar informasi.

"​​​​​​Jumbara dijadikan wadah untuk menggali potensi dan bakat adik-adik PMR untuk menemukan dan menggali bakat dan potensi dirinya sejak dini dalam gerakan sosial kemanusiaan," tambahnya.

Adapun Jumbara tingkat nasional ini dipusatkan di Taman Agro Wisata Way Handak, Jalan Lintas Sumatera, Tanjung Senang, Kedaton, Kabupaten Lampung Selatan.

Baca juga: Wapres Kalla harap Jumbara optimalkan kontribusi PMR
Baca juga: Anies Baswedan: Palang Merah cermin budaya pendidikan
Baca juga: Palang Merah Remaja calon sukarelawan masa depan, sebut PMI

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023