Jakarta (ANTARA) — PT Bukit Asam, Tbk. mengumumkan kemitraan dengan Dahana untuk memberikan layanan Jasa Peledakan untuk Unit Penambangan Tanjung Enim hingga lima tahun ke depan dengan menggunakan produk emulsi DABEX yang disokong oleh fasilitas On Site Emulsion Plant (OSP). Hal tersebut ditandai dengan perpanjangan kontrak jasa peledakan pada awal April 2023 yang lalu di Jakarta.

Direktur Utama Dahana, Wildan Widarman, menyampaikan, kemitraan ini menunjukkan semangat core value BUMN AKHLAK untuk saling berkolaborasi. 

“Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaannya terhadap layanan DAHANA. Tentunya ini menjadi tantangan bagi kami untuk terus meningkatkan performa dalam mendukung Bukit Asam mencapai targetnya,” ujar Wildan Widarman di Jakarta (03/07).

Sebagaimana diketahui, DAHANA menyediakan layanan bahan peledak terpadu untuk sektor pertambangan umum, kuari dan konstruksi, minyak dan gas serta pertahanan. Adapun lini bisnisnya meliputi Drilling & Blasting, Explosives Manufacturing, Related Services serta Defence Related. Tahun 2022, kontribusi terbesar pendapatan usaha diperoleh dari lini bisnis Drilling & Blasting Services sebesar 48,3%.

Sementara itu, GM Divisi Tambang Umum 1 Dahana, Herry Sudaryanto mengatakan bahwa saat ini di site Bukit Asam masih menggunakan ANFO dan secara bertahap akan beralih ke emulsi (DABEX) berikut OSP-nya yang sedang dibangun.  

Dahana juga terus melaksanakan inovasi, salah satunya dengan membangun Waste Oil Preparation Plant. Dahana dipercaya melakukan pembangunan waste Oil preparation Plant untuk meningkatkan pemanfaatan limbah oli bekas sebagai pengganti minyak diesel untuk bahan baku pencampuran ANFO dan Emulsion. 

“Hal ini juga untuk mendukung upaya Bukit Asam dalam penilaian proper lingkungan dan produksi yang tinggi namun tetap efisien,” ungkap Herry Sudaryanto.

Dahana bersama dengan Bukit Asam juga berhasil melakukan efisiensi bahan peledak yang berawal dari dampak sosial pertambangan dan hasil yang tidak langsung optimal. Namun dengan teknik-teknik baru yang diaplikasikan, kedua perusahaan dapat mencapai efisiensi pada tingkat yang jauh lebih baik.

Menurut Taufan Andrian Putra, Dahana juga memiliki prestasi di bidang K3LH, dimana Safety Officer Dahana, Muhammad Rega Suryatama mendapatkan penghargaan sebagai Agent SHE terbaik dari Bukit Asam.

“Hal ini tak lepas dari kegigihannya dalam mengimplementasikan program-program HSE untuk memenuhi Kaidah Penambangan yang Baik. Karena dalam dunia kerja, etos dan pengetahuan harus bisa berjalan bersama,” pungkas Andrian, PJO Site Bukit Asam - Dahana.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023