Bengaluru (ANTARA) - Saham-saham di bursa Eropa dibuka lebih tinggi pada perdagangan Rabu, menjelang rilis data inflasi utama AS yang akan menentukan apakah Federal Reserve mendekati akhir pengetatan kebijakan moneternya.

Indeks STOXX 600 pan-Eropa terkerek 0,3 persen pada pukul 07.07 GMT.

Data AS, dijadwalkan akan dirilis pada pukul 12.30 GMT, diperkirakan menunjukkan indeks harga konsumen (IHK) mengalami moderasi menjadi 3,1 persen secara tahun-ke-tahun pada Juni setelah kenaikan 4,0 persen pada Mei.

Baca juga: Saham Eropa naik karena harapan kenaikan Fed berakhir, stimulus China

Perlambatan tajam dalam inflasi dapat memicu taruhan bahwa Fed mungkin akan mengakhiri kenaikan suku bunga yang menghukum pasar setelah Juli.

Saham-saham teknologi menjadi pencetak keuntungan teratas di antara sektor Eropa karena saham perusahaan semikonduktor, termasuk ASML Holding dan Infineon, naik antara 0,8 persen dan 2,2 persen setelah Jefferies menaikkan target harganya pada saham tersebut.

Di antara saham-saham individu, bank terbesar Norwegia DNB dibuka 1,1 persen lebih rendah bahkan ketika laba kuartal keduanya melampaui ekspektasi, dibantu oleh ekonomi yang kuat dan suku bunga yang lebih tinggi.

Baca juga: Saham Eropa dibuka melemah, data China picu kekhawatiran disinflasi

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023