Indeks saham-saham unggulan atau blue-chips FTSE 100 yang berorientasi ke pasar luar negeri diperdagangkan tak berubah di 7440,2 poin
Bengaluru (ANTARA) - Saham Inggris dibuka datar pada Jumat, dengan penurunan di sektor keuangan diimbangi dukungan dari saham perawatan kesehatan, meskipun indeks berada di jalur untuk kenaikan mingguan yang kuat di tengah optimisme seputar puncak suku bunga AS.

Pada pukul 07.18 GMT, indeks saham-saham unggulan atau blue-chips FTSE 100 yang berorientasi ke pasar luar negeri diperdagangkan tak berubah di 7440,2 poin, sementara indeks saham-saham berkapitalisasi sedang atau mid-caps FTSE 250 yang lebih fokus di dalam negeri turun 0,3 persen.

Sektor farmasi dan biotek naik 0,8 persen, peningkatan untuk sesi ketiga berturut-turut, sebut Reuters.

Bank-bank Inggris tergelincir 0,3 persen, sementara pengembang perumahan memperpanjang kerugian setelah kemerosotan sehari sebelumnya.

Indeks FTSE 100 bersiap untuk kinerja mingguan terbaiknya dalam lebih dari tiga bulan, sementara indeks FTSE 250 mengincar minggu terbaiknya dalam delapan bulan.

Pasar global telah menguat minggu ini karena bukti pendinginan inflasi di Amerika Serikat mendukung harapan bahwa Federal Reserve mendekati akhir lintasan kenaikan suku bunga.

Saham Ashmore anjlok 6,4 persen setelah grup investasi tersebut melaporkan penurunan aset kelolaan sebesar 1,8 miliar dolar AS untuk kuartal yang berakhir Juni.

Baca juga: Saham Eropa dibuka lebih rendah tapi incar minggu terbaik tiga bulan
Baca juga: Saham Asia siap cetak minggu terbaik 2023, Fed bisa hentikan kenaikan
Baca juga: Saham Inggris berakhir positif, indeks FTSE 100 menguat 0,32 persen

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023