Indeks STOXX 600 pan-Eropa tergelincir 0,2 persen
Bengaluru (ANTARA) - Saham Eropa merosot pada awal perdagangan Jumat, tetapi tetap berada di jalur untuk lonjakan persentase mingguan terbesar mereka dalam lebih dari tiga bulan di tengah harapan bahwa pelonggaran inflasi akan memungkinkan Federal Reserve dapat menghentikan kenaikan suku bunga segera.

Indeks STOXX 600 pan-Eropa tergelincir 0,2 persen pada pukul 07.02 GMT. Namun, indeks telah naik 2,9 persen sejauh minggu ini, berada di jalur untuk minggu terbaiknya sejak akhir Maret dan hampir menutup semua kerugian minggu lalu.

Data harga konsumen dan produsen AS awal pekan ini memicu spekulasi bahwa ekonomi telah memasuki fase disinflasi dan Fed dapat menghentikan pengetatan segera setelah Juli.

Menjaga STOXX 600 di bawah tekanan pada Jumat adalah penurunan 0,6 persen di saham perusahaan telekomunikasi, dengan Nokia jatuh 5,3 persen setelah menurunkan prospek hasil setahun penuh.

Saingannya di Swedia, Ericsson, anjlok 4,2 persen setelah melaporkan penurunan 62 persen pada laba operasi yang disesuaikan untuk kuartal kedua.

Para penambang, di antara yang memperoleh keuntungan terbesar minggu ini, juga melemah 0,6 persen.

Baca juga: Saham Asia siap cetak minggu terbaik 2023, Fed bisa hentikan kenaikan
Baca juga: Saham Asia di jalur minggu terbaik 2023, dipicu pendinginan inflasi AS
Baca juga: Saham Eropa dibuka sedikit menguat, data beragam batasi keuntungan

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023