Rantau (ANTARA) - Sejumlah seniman se-Kalimantan antusias mengikuti beragam lomba pada Tapin Art Festival 2023 yang bakal digelar pada 5-9 Agustus mendatang.

Ketua Pelaksana Tapin Art Festival Imam mengatakan peserta yang mendaftar untuk tampil pada kegiatan nanti berasal dari berbagai penjuru Kalimantan.

"Peserta sudah penuh, antusiasnya luar biasa," ujar Imam di Rantau, Kabupaten Tapin, Kamis.

Saat ini, kata Imam, panitia sudah bergerak mempersiapkan lokasi untuk kebutuhan acara rutin tahunan Pemkab Tapin itu.

"Secara umum sudah siap, tinggal eksekusi," ucap Imam.

Baca juga: Jokowi saksikan atraksi Dhol di Festival Tabut Bengkulu

Meskipun menghadapi beberapa kendala, namun Imam menyebutkan panitia tidak akan mengubah jadwal acara besar bertajuk “Agung Budaya Anjung Banua" tersebut.

"Kalau diundur tidak mungkin lagi," tutur Imam.

Selain lomba seperti parade tari se-Kalimantan, sederet artis lokal dan nasional dipastikan tampil untuk memberikan hiburan perhelatan itu. 

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tapin Hamdan mengatakan acara yang digaungkan para pemuda Tapin ini harus disokong dan didukung seluruh pihak mitra.

"Semua event yang dilaksanakan generasi muda Tapin ini jelas memperlihatkan kepedulian mereka terhadap kesenian dan kebudayaan. Itu perlu diapresiasi," kata Hamdan.

Baca juga: Festival Kesultanan Pagaruyuang sambung silaturahim antarkerajaan

Hamdan juga menambahkan acara skala besar, seperti Tapin Art Festival akan berdampak terhadap kemajuan perekonomian masyarakat.

Pemkab Tapin menggelar Tapin Art Festival untuk mempromosikan potensi budaya dan kesenian kearifan lokal di Kalimantan.

Seperti bazar UMKM, parade tari tradisional, workshop videographi dan tari, pawai budaya, serta kesenian adat Kalimantan.

Baca juga: Festival Sepekan Tamansuruh Banyuwangi suguhkan atraksi budaya lokal

Pewarta: Imam Hanafi/fauzifadilah
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023