Bengaluru (ANTARA) - Saham di bursa Eropa melemah pada pembukaan perdagangan Kamis, karena investor menilai pendapatan yang beragam dari perusahaan-perusahaan di wilayah tersebut, sementara hasil mengecewakan dari kelas berat AS Tesla dan Netflix juga membebani sentimen.

Indeks STOXX 600 pan-Eropa tergelincir 0,2 persen pada pukul 07.05 GMT.

Saham perusahaan besar AS yang tercatat di Frankfurt, Netflix dan Tesla, masing-masing anjlok 8,2 persen dan 3,7 persen, setelah hasil mengecewakan dari kedua perusahaan pada Rabu (19/7/2023) malam.

Saab terangkat 3,2 persen setelah grup perusahaan industri pertahanan Swedia itu menaikkan panduan pertumbuhan penjualan organiknya.

Baca juga: Saham Eropa dibuka lebih tinggi terangkat ekuitas Kering

Volvo Cars terpangkas 6,3 persen setelah membukukan penurunan 54 persen pada pendapatan operasional kuartal kedua meskipun pembuat mobil yang berbasis di Swedia itu memperkirakan permintaan yang sehat untuk kendaraannya.

Electrolux terperosok 10,7 persen setelah perusahaan pembuat peralatan rumah tangga terbesar Eropa itu mengalami kerugian pada kuartal kedua.

Saham teknologi adalah penderita kerugian sektoral terbesar dengan perusahaan semikonduktor ASML Holding jatuh 3,0 persen dan memperpanjang penurunan setelah melaporkan hasil keuangan pada Rabu (19/7/2023).

Baca juga: Saham Eropa dibuka tergelincir terseret perusahaan telekomunikasi

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023