Subang (ANTARA) — Direktur Utama PT Dahana Wildan Widarman menyambut positif rencana perpindahan PINDAD dan PT DI ke Subang yang dicetuskan oleh Presiden Joko Widodo saat berkunjung ke pabrik peluru Pindad di Turen, Malang, Jawa Timur pada 25 Juli 2023.  

“Kawasan Subang sangat strategis, mengingat rencana besar pemerintah menjadikan kawasan Rebana (Kabupaten Sumedang, Majalengka, Cirebon, Subang, Indramayu, Kuningan, serta Kota Cirebon) sebagai pusat industri dan sumber pertumbuhan perekonomian baru,” ujarnya. 

Sebelum pindah ke Subang, Dahana menempati lahan milik TNI Angkatan Udara yang bersebelahan dengan Lanud Wiriadinata Tasikmalaya. Sebagai upaya pengembangan bisnis perusahaan, DAHANA memerlukan lahan yang lebih luas untuk membangun fasilitas produksi dan pendukung yang baru.

“Di Subang kami membangun Energetic Material Center sebagai Kawasan terintegrasi yang terdiri dari pusat penelitian, pengembangan dan produksi bahan berenergi tinggi yang terlengkap di Asia Tenggara. Bahkan Kantor Manajemen Pusat ( KAMPUS ) DAHANA mengusung konsep green building sesuai dengan standar GBCI,” papar Wildan. 

Kiprah DAHANA di Kabupaten Subang telah dirasakan manfaatnya. Sebagai bagian dari Holding BUMN Industri Pertahanan, DAHANA berkomitmen untuk maju bersama masyarakat khususnya di Subang. Melalui unit TJSL, DAHANA bergerak di sektor pendidikan, kesehatan, lingkungan, dan peningkatan perekonomian warga dengan konsep UMK mitra binaan. 

“Alhamdulillah, hubungan kami dengan pemerintah daerah dan masyarakat terjalin dengan harmonis. Dahana menyerap tenaga kerja lokal dan telah banyak UMK mitra binaan berhasil menembus pasar global,” pungkas Wildan Widarman.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023