sampah adalah permasalahan yang sudah akrab di telinga kita,
Jakarta (ANTARA) - Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Indonesia (UI) mensosialisasikan pemilahan sampah kepada warga Kelurahan Tegal Parang, Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Rabu (2/8).

Anggota Badan Pengurus Harian Departemen Lingkungan Hidup BEM UI 2023, Ghazi Achmad Dzulfikar mengatakan sosialisasi tersebut merupakan bagian dari rangkaian program Jakarta Sadar Sampah X BEM UI 2023 yang didukung oleh BRI Life.

"Program yang sudah berjalan pada tahun keduanya ini merupakan buah kolaborasi dari BEM UI dan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta," ungkap Ghazi melalui keterangannya yang diterima di JakartaJakarta, Rabu.

Ia menuturkan bahwa program tersebut merupakan bentuk komitmen BEM UI dalam mengatasi permasalahan sampah yang ada di DKI Jakarta.

“Sebagaimana kita tahu, sampah adalah permasalahan yang sudah akrab di telinga kita. Jika bicara tentang permasalahan lingkungan yang paling diketahui orang awam, rasa-rasanya sampah adalah masalahnya," katanya.

Oleh karena itu, lanjut dia, BEM UI berusaha untuk membantu menangani permasalahan sampah, khususnya di DKI Jakarta, melalui program tersebut.

Sementara itu, Wakil Ketua Pelaksana Program Jakarta Sadar Sampah X BEM UI 2023, Nabih Rijal Makarim mengungkapkan bahwa Kelurahan Tegal Parang merupakan kelurahan kedua yang menjadi lokasi pelaksanaan program tersebut.

“Sebelumnya, kita sempat adakan sosialisasi selama sebulan di Kelurahan Menteng, Jakarta Pusat. Kali ini, kita perluas jangkauan program dengan menyasar Kelurahan Tegal Parang," kata Nabih.

Harapannya, kata dia, dengan program itu masyarakat Tegal Parang bisa mulai memilah sampahnya sendiri dari rumah.

Nabih menekankan pentingnya sinergi dalam menangani permasalahan sampah yang ada.

“Dukungan yang diberikan oleh BRI Life sangat kami hargai. Permasalahan sampah yang sedemikian kompleks tentunya mensyaratkan keterlibatan dari berbagai pemangku kepentingan, termasuk dari sektor swasta," kata dia.

Maka dari itu, lanjutnya, sinergi yang terjalin antara BEM UI dan BRI Life dalam pelaksanaan program Jakarta Sadar Sampah X BEM UI 2023 diharapkan dapat menjadi angin segar untuk mengakselerasi penanganan sampah di Jakarta.

Baca juga: BEM UI dukung gerakan ekonomi sirkular lewat penanganan sampah
Baca juga: Legislator: Pengolahan sampah Jakarta butuh teknologi seperti ITF

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2023