Dalam kegiatan insidental seperti ini kita akan hadirkan pengusaha, UMKM untuk berperan serta mengambil posisi mengambil peran dalam event seperti ini
Kendari (ANTARA) - Dinas Ketahanan Pangan Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) bersama Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) menggelar pasar murah dalam rangka perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di Ruang Terbuka Publik (RTP) Kali Kadia, Kecamatan Kadia, Kota Kendari.

Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu di Kendari Minggu, mengatakan bahwa pelibatan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam momen peringatan HUT Kemerdekaan RI akan berdampak baik terhadap peningkatan ekonomi.

Sebab, kata Asmawa, UMKM merupakan sektor yang berperan penting dalam pemulihan ekonomi, sehingga, peran aktif UMKM sangat dibutuhkan. “Dalam kegiatan insidental seperti ini kita akan hadirkan pengusaha, UMKM untuk berperan serta mengambil posisi mengambil peran dalam event seperti ini,” kata Asmawa.
 

Pj Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu bersama Sekda saat mengunjungi stan pasar murah. ANTARA/HO-Pemkot Kendari

Ia berharap dalam rangka HUT ke-78 Kemerdekaan RI ini, stakeholder juga semakin memberikan dukungan dan mengambil peran dalam memajukan Kota Kendari.

"Agar stakeholder memberikan dukungan dan mengambil peran di situ," ujar Asmawa.

Pembukaan pasar murah ini ditandai dengan pemotongan pita oleh Pj Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu yang didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Kendari Ridwansyah Taridala. Usai membuka pasar murah Pj Wali Kota Kendari Kendari terlihat berbelanja jajanan lokal yang tersedia di stand UMKM.

Selain pasar murah, Pemkot Kendari juga menggelar kegiatan Jalan Sehat Merdeka yang ini diikuti sekitar 12.000 warga dan berjalan sejauh 3,2 kilometer yang dimulai dari Kantor Balaikota Kendari menuju Jalan Taman Suropati, Jalan Lawata, Jalan Saranani, Jalan Ahmad Yani, dan berakhir di RTH Kali Kadia.

“Dalam memperingati hari kemerdekaan RI yang ke-78, rangkaiannya sudah kita mulai sejak 4 Agustus kemarin,” ujarnya.

Selain itu, dia juga mengatakan, sebagai anak bangsa sepatutnya mensyukuri dan melaksanakan kegiatan-kegiatan positif dalam memperingati kemerdekaan.

“Kegiatan hari ini dimaksudkan untuk memupuk rasa nasionalisme dan semangat patriotisme sebagai anak bangsa dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan yang ke-78,” tambahnya.

Baca juga: Puluhan UMKM meriahkan jalan sehat bersama BUMN di Kendari

Baca juga: Menparekraf pacu pelaku UMKM di Kendari masuk sistem ekonomi digital

Baca juga: Dispar Sultra bangkitkan UMKM kuliner lewat Kendari Food Festival

 

Pewarta: La Ode Muh. Deden Saputra
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023