berguna untuk anak cucu kita di kemudian hari
Pekanbaru, (ANTARA) - Kepolisian Daerah Riau dan seluruh jajarannya menanam sebanyak 45.233 batang pohon berbagai jenis dengan 2.100 di antaranya ditanam di Kota Pekanbaru dalam rangka penghijauan yang serentak dilakukan se-Indonesia 

"Kegiatan ini dilaksanakan serentak di Indonesia. Khusus di Riau, kita menanam 45.233 pohon," kata Wakil Kapolda Riau Brigjen Pol Kasian Rahmadi usai penanaman di Lapangan Bola, Jalan Thamrin, Kota Pekanbaru, Rabu.

Untuk penanaman di Pekanbaru lokasinya hanya dipusatkan di Jalan Thamrin tersebut. Penanaman itu diikuti Jajaran Polda Riau, Kepolisian Resor Kota Pekanbaru hingga seluruh kepolisian sektor setempat.

Adapun ragam jenis pohon yang ditanam yaitu alpukat, kaliandra, damar, durian, jambu, jengkol, kelengkeng dan lain sebagainya. Upaya ini dilakukan dalam rangka memelihara keberlanjutan ekosistem di wilayah Riau.

Baik terhadap lingkungan hidup, oksigen, pertambahan ekonomi dan pangan, serta pemanfaatan kayu. Tak hanya sekedar penanaman, pihaknya juga berkomitmen menjaga ekosistem melalui penegakan hukum.

Baca juga: Polda Sulsel bersama jajaran tanam 41.086 bibit pohon serentak
Baca juga: Pemkot Bengkulu tanam 5.000 bibir pohon di Kota Merah Putih


Rahmadi menuturkan, pihaknya juga terus berupaya mengungkap perkara yang berkaitan dengan pengrusakan lingkungan hidup dan penebangan liar. Dia pun mengajak dalam menanam pohon ini hendaklah berdoa.

"Penanaman pohon ini selayaknya kita menanam doa. Ini bukan hanya untuk kita, namun juga berguna untuk anak cucu kita di kemudian hari," tukasnya.

Salah satu jajaran di Riau yakni Polres Siak juga menanam 3.500 bibit pohon serentak di wilayah setempat. Kapolres Siak AKBP Asep Sujarwadi mengatakan bibit pohon terdiri dari berbagai jenis tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Siak.

“Khusus Polres kita menanam bibit pohon manggrove di Kampung Kayuara Permai Kecamatan Sungai Apit,” terang AKBP Asep

Kapolres mengucapkan kepada Ketua DPRD Siak Indra Gunawan dan seluruh unsur yang hadir mendukung kelancaran acara penghijauan. 

Baca juga: Polda Papua Barat gerakkan aparat kepolisian tanam 13.300 bibit pohon
Baca juga: Polda DIY tanam ribuan bibit pohon keras di Bukit Watu Gagak Bantul
Baca juga: Tekan polusi udara, Polda Metro Jaya tanam 15.000 pohon

Pewarta: Bayu Agustari Adha/Annisa Firdausi
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023