Bengaluru (ANTARA) - Saham-saham Eropa dibuka lebih tinggi pada perdagangan Selasa, dengan ekuitas sektor pertambangan memimpin kenaikan mengikuti penguatan harga logam, sementara NN Group melonjak setelah melaporkan hasil semester pertama.

Pada pukul 07.10 GMT, indeks STOXX 600 pan-Eropa terangkat 0,6 persen, tertinggi dalam dua minggu.

Perusahaan-perusahaan pertambangan Eropa bertambah 1,7 persen karena harga tembaga naik di tengah pelemahan dolar dan dukungan kebijakan dari konsumen utama China.

Kementerian Keuangan China mengatakan dalam sebuah pernyataan singkat pada Minggu (27/8/2023) bahwa mereka mengurangi pajak sebesar 0,1 persen pada perdagangan saham.

NN Group melonjak 8,4 persen setelah perusahaan asuransi Belanda tersebut mengatakan posisi modalnya telah membaik dalam enam bulan pertama tahun 2023.

Saham sektor real estat juga terangkat 1,7 persen di awal perdagangan.

Indeks FTSE 100 Inggris naik 1,3 persen ketika investor London kembali setelah libur umum pada Senin (28/8/2023). Bunzl melonjak 3,5 persen setelah distributor perlengkapan bisnis Inggris itu menaikkan perkiraan laba operasional tahunan yang disesuaikan.

Telecom Italia bertambah 2,3 persen setelah Milan menyetujui dua keputusan yang mengatur kementerian perekonomian untuk mengambil saham hingga 20 persen di jaringan telepon rumah grup perusahaan tersebut.

Baca juga: Saham Eropa dibuka menguat, langkah-langkah baru China angkat sentimen
Baca juga: Saham Eropa dibuka melemah karena perhatian beralih ke Jackson Hole

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023