Bengaluru (ANTARA) - Saham-saham Eropa melemah untuk sesi ketujuh berturut-turut pada awal perdagangan Kamis, berada di jalur penurunan beruntun terpanjang dalam lebih dari lima tahun, terbebani oleh kekhawatiran ganda terhadap perlambatan ekonomi Eropa dan kenaikan suku bunga AS.

Indeks STOXX 600 pan-Eropa terpangkas 0,4 persen pada pukul 07.14 GMT, mencapai level terendah satu minggu. Penurunan beruntun tujuh hari untuk indeks ini terakhir terlihat pada Februari 2018.

Saham-saham teknologi yang sensitif terhadap suku bunga tergelincir hampir 1,0 persen karena imbal hasil obligasi pemerintah AS melonjak setelah data sektor jasa-jasa yang lebih kuat dari perkiraan pada Rabu (6/9/2023) memicu kekhawatiran bahwa inflasi yang tinggi berarti suku bunga akan tetap lebih tinggi untuk waktu yang lebih lama.

Keputusan kebijakan moneter dari Bank Sentral Eropa dan Federal Reserve AS akan dirilis akhir bulan ini.

Bukti baru perlambatan momentum di negara dengan perekonomian terbesar di Eropa ini adalah data yang menunjukkan produksi industri Jerman turun sedikit lebih besar dari perkiraan pada Juli.

Titik terangnya, saham Direct Line Insurance Group melonjak 14,1 persen setelah perusahaan asuransi kendaraan bermotor dan rumah asal Inggris itu memperkirakan laba operasional yang lebih baik pada tahun 2024.

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023