Kepergian almarhum menjadikan kampus UNM merasa kehilangan,"
Makassar (ANTARA News) - Seorang profesor ilmu pendidikan Universitas Negeri Makassar (UNM) yang juga merupakan guru besar Prof D Ahmad Mansyur Hamid, MPd meninggal dunia Sabtu, 25 Mei 2013 sekitar pukul 18.00 WITA dan telah di makamkan di Pekuburan UNM Limbung Kabupaten Gowa, Minggu. 

Almarhum menghembuskan napas terakhir di Rumah Sakit PCC Makassar akibat penyakit yang dideritanya. Pria kelahiran Malili 16 Juni 1939, meninggalkan seorang isteri.

Sebelumnya, jenazah almarhum disemayamkan di Kompleks Perumahan Dosen UNM Gunungsari. Beberapa pejabat birokrasi UNM terlihat seperti, Rektor UNM, Prof Dr Arismunandar, MSi, Pembantu Rektor I , Prof Dr Muh Sofyan Salam, MA, Direktur PPs UNM, serta sejumlah profesor dan doktor pascasarjana serta mahasiswa S2 dan S3.

Rektor UNM Prof Arismunandar saat melepas jenazah untuk dimakamkan mengatakan, almarhum adalah sosok pendidik yang setia pada profesinya. Meski sudah memasuki masa pensiun tetapi masih tetap mengabdikan ilmunya kepada mahasiswa di jenjang S2 dan S3.

"Kepergian almarhum menjadikan kampus UNM merasa kehilangan," kata Arismunandar. Doktor pendidikan PPs Universitas Brawijaya Malang ini menambahkan, pengabdian almarhum yang cukup panjang, sehingga banyak di antara profesor yang hadir pada saat ini adalah mahasiswanya di masa lalu.

Menurutnya, mahasiswa yang dihasilkan itu kemudian mengabdikan ilmunya, itu menjadi pertanda kalau amal jariyah telah diperbuat dan senantiasa mendapat pahala di hari kemudian.

Diketahui, almarhum menyelesaikan sarjana muda pendidikan UGM 1964. Sarjana pendidikan IKIP Jokyakarta 1967. Magister pendidikan IKIP Bandung 1986 serta doktor pendidikan IKIP Bandung 1992.

Jenjang karier dimulai 1969-1972 menjadi dosen pada Akademi Pendidikan Pekerjaan Sosial Makassar, menjadi CPNS 1973 sebagai guru PPSP Makassar, Dekan FKS Unismuh Makasar 1972-1974 sejak 1978 beralih menjadi dosen Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Ujung Pandang, Sekretaris Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat UNM 1998. Sejak 1 Juli 2009 pada usia 90 tahun pensiun selaku PNS. 

(KR-DF/M009)

Pewarta: Darwin Fatir
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013