Jakarta (ANTARA) - Panitia penyelenggara Hibank Jakarta Marathon 2023 menyiapkan total hadiah sebesar Rp1,5 miliar bagi para peserta dalam ajang lomba lari dengan empat kategori.

“Untuk akumulasi hadiah hari ini sekitar Rp1,5 miliar,” kata Communication Director Jakarta Marathon 2023, Adystra Bimo Herayanto di Jakarta, Minggu.

Meski begitu, pria yang akrab disapa Adystra ini tidak merinci hadiah yang telah disiapkan dalam ajang lomba lari yang diikuti oleh sebanyak 10 ribu pelari.

Dia mengatakan lomba lari tersebut diselenggarakan untuk menumbuhkan sekaligus menyadarkan masyarakat Indonesia tentang gaya hidup sehat dan bagaimana menjaga lingkungan sekitar.

“Untuk rekor kami masih menunggu sertifikasi dari penyelenggara, tapi kami akan memberi tahu ke publik dalam beberapa waktu ke depan,” kata Adystra.
 

Ribuan peserta Jakarta Marathon 2023 meninggalkan garis start untuk berlari di Jakarta, Minggu (22/10/2023). ANTARA/Harianto
 

Ribuan pelari turut meramaikan empat nomor yang dipertandingkan yakni Marathon, Half Marathon, 10K (kilometer) dan 5K (kilometer). Para pelari star dan finish di Plaza Utara, Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu pagi.

Peserta kategori marathon dilepas sejak pukul 04.30 WIB. Sekitar 200 peserta berpartisipasi dalam kategori ini, yang berlari sekitar 42 kilometer.

Selanjutnya di kategori half marathon dilepas pukul 05.45 WIB. Dalam kategori ini ada sekitar 3000 pelari yang berpartisipasi di jarak terjauh kedua di Jakarta Marathon 2023.

Berikutnya di kategori 10 kilometer dengan jumlah peserta kurang lebih 3200 peserta. Para peserta dalam kategori ini dilepas pukul 06.00 WIB. Terakhir kategori 5 kilometer dengan jumlah peserta kurang lebih 4000 orang, mereka dilepas pukul 06.15 WIB.

“Hari ini kami telah sukses menyelenggarakan Hibank Jakarta Marathon by Lee Mineral. Ini merupakan acara tahunan maraton di Jakarta. Hari ini kami mengundang sebanyak 10 ribu pelari yang terbagi dalam kategori marathon, half marathon, 10K, dan 5K,” kata Adystra.

Adystra menambahkan ada sekitar 200 orang tenaga medis disiapkan untuk memastikan keselamatan para peserta lomba bari. Para petugas kesehatan disiagakan setiap 1 kilometer serta penggunaan peralatan medis canggih berstandar internasional.

Selain itu penyediaan pos air mineral guna memastikan peserta mendapatkan cairan yang cukup selama berlari.

“Kami mempunyai visi dan misi menggelar acara lari yang berstandar internasional, kami juga sangat mengedepankan tanggung jawab lingkungan dan keselamatan para pelari,” kata Adystra.


Baca juga: Sebanyak 10 ribu pelari berlomba di Jakarta Marathon 2023
Baca juga: Ada Jakarta Marathon, masyarakat diimbau naik transportasi umum ke GBK
Baca juga: Polisi kerahkan 549 personel kawal Jakarta Marathon 2023 di GBK
Baca juga: Jakarta Marathon 2023 janjikan pengalaman baru berlari jarak jauh

 

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2023