Jakarta (ANTARA) - Grup idola asal Indonesia JKT48 tampil bersama untuk pertama kalinya dengan grup saudarinya, yakni SKE48 asal Jepang di gelaran Jak-Japan Matsuri 2023 yang diadakan untuk merayakan 65 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia-Jepang.

“Kalau aku pribadi, aku baru pertama kali perform bareng teman-teman SKE48 dan rasanya tuh excited banget,” kata Christy JKT48 usai tampil bersama anggota lainnya di Jakarta International Expo (JIEXPO) Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu malam (19/11).

Dia melanjutkan, “Aku baru pertama kali ketemu mereka dan mereka cantik-cantik semua, kirei-desu. Mereka baik-baik banget dan bawain lagu-lagu JKT48 sama “Banzai” dan “Heavy Rotation” semangat banget, apalagi fans juga menantikan kolaborasi dari JKT48 dan SKE48. Jadi, senang banget!” katanya.

Kolaborasi perdana antara JKT48 dan SKE48 ini sangat dinantikan penggemar karena minimnya aktivitas serupa selama beberapa tahun ke belakang. Beruntung, kondisi saat ini sudah mulai pulih dan kedua grup ini dapat menampilkan pertunjukan khusus bagi penggemar.

Baca juga: Ex member gen 1 meriahkan penampilan JKT48 di Synchronize Fest

“Memang nggak sering juga JKT48 berkolaborasi bersama sister group-nya. Jadi, selama pandemi kita jarang banget berkolaborasi, tapi kali ini spesial untuk di Jak-Japan Matsuri kita berkolaborasi bersama SKE48,” kata Zee JKT48.

Penampilan JKT48 dengan lima rekannya di SKE48, yakni Airi Nakano, Ayaka Ota, Takahata Yuhki, Inoue Ruka, dan Hara Yune ini berhasil membuat para penggemar bersemangat. Mereka pun bergembira bersama menampilkan sejumlah lagu hit dari keduanya, seperti “Fortune Cookie in Love (Fortune Cookie Yang Mencinta)”.

“Bagi kami, kesempatan perdana untuk kolaborasi bersama JKT48 memang pengalaman luar biasa. Respons penggemar juga meriah sekali, rasanya seperti menjadi satu dengan mereka,” kata Airi SKE48.

Sebelum tampil bersama, baik JKT48 maupun SKE48 telah melakukan sejumlah persiapan agar bisa tampil maksimal. Mereka juga sempat melakukan latihan sejenak secara bersama-sama untuk menyesuaikan diri.

“Untuk persiapan kolaborasi ini, kita menyiapkan diri sendiri sebelum bertemu kakak-kakak dari SKE48. Lalu, kami tadi juga coba lagu bareng sebelum ke sini, kita juga latihan bareng. Waktunya nggak lama, tapi cukup untuk kita menampilkan yang terbaik,” ujar Gita JKT48.

Ruka SKE48 menambahkan, “Kami tampil untuk lagu ‘Banzai’ dan ‘Heavy Rotation’ dari SKE48, dan penonton bersemangat sekali. Khusus penampilan kami, penonton menyambutnya dengan baik. Sangat berkesan sekali,” katanya.

Meskipun mereka perdana tampil berkolaborasi bersama di panggung Indonesia, keduanya telah bertemu terlebih dahulu sebagai penampil dalam sebuah perhelatan di Jepang. Mereka pun berharap dapat tampil bersama kembali di masa mendatang.

“Kebetulan kita sempat ada dalam satu acara yang sama. Waktu itu JKT48 perform di Jepang, ketemu (SKE48) di TIF, cuma saat itu kita nggak perform satu stage. Jadi, semoga akan ada kesempatan untuk kolaborasi lagi di Jepang,” ujar Zee JKT48.

“Semoga hubungan Indonesia dengan Jepang akan selalu memiliki hubungan yang erat untuk ke depannya,” tutup Gita JKT48.

Baca juga: Nabilah ex JKT48 & Ricky Harun akan tampil di "Jomblo Fi Sabilillah"

Baca juga: Pertunjukan terakhir 26 anggota JKT48 siap digelar Maret 2021

Baca juga: Yokoyama Yui umumkan lulus dari AKB48 setelah 12 tahun bersama

Pewarta: Vinny Shoffa Salma
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023