Jakarta (ANTARA) -
Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) mewisuda 32 kader Bina Keluarga Balita (BKB) terbaik dari seluruh provinsi di Indonesia untuk menjadi agen sosial dengan menyebarluaskan informasi pengasuhan dan pembinaan tumbuh kembang anak.

"Ini bentuk apresiasi kami kepada seluruh kader BKB dari kelas orang tua hebat (Kerabat), nantinya mereka bertugas untuk menyampaikan berbagai informasi khususnya 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK)," kata Kepala BKKBN Hasto Wardoyo di Jakarta, Selasa.
 
 
Kegiatan wisuda tersebut dilakukan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy didampingi Kepala BKKBN Hasto Wardoyo pada kegiatan BKKBN Gebyar BKB 1.000 HPK.

Ia mengatakan 32 kader BKB tersebut berasal dari Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung, Kepulauan Bangka Belitung, Kepulauan Riau, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah.

Selain itu, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Banten, Bali, NTB, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Sulawesi Barat, Maluku, Maluku Utara Papua, dan Papua Barat.
 
 
Menko PMK Muhadjir Effendy (tengah) didampingi Kepala BKKBN Hasto Wardoyo (dua kanan) mewisuda kader BKB pada kegiatan Gebyar BKB 1.000 HPK yang diselenggarakan BKKBN di Jakarta, Selasa (12/12/2023). ANTARA/Bayu Pratama S.
 
"Mereka telah mengikuti 11 seri kelas orang tua hebat selama 11 bulan dan mendapatkan penilaian yang terbaik," katanya.

Selain itu kegiatan wisuda kader BKB tersebut mendapatkan apresiasi langsung oleh Menko PMK Muhadjir Effendy kepada Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) terhadap cara unik dengan mewisuda kader Bina Keluarga Balita (BKB) terbaik Indonesia.

"Kepala BKKBN Pak Hasto itu sangat jernih, perhitungannya detail, inovasi tersebut sebagai tanggung jawab untuk memastikan angka stunting pada 2024 turun di bawah 14 persen," kata Muhadjir usai membuka Gebyar BKB 1000 HPK.

Muhadjir menyambut baik inisiatif dan inovasi yang di lakukan BKKBN dalam memberikan informasi dan edukasi 1.000 hari pertama kehidupan (HPK) pada Program Bina Keluarga Balita (BKB).
 
 
"Hadirnya para wisudawan dan wisudawati kader BKB itu akan mengurusi anak dan cucu sehingga memastikan bahwa mereka akan menjadi generasi unggul untuk ambil bagian penting untuk membawa Indonesia maju," katanya.

Baca juga: Menko PMK apresiasi BKKBN wisuda kader BKB
Baca juga: Kepala BKKBN tekankan pembangunan SDM melalui Program Bangga Kencana
Baca juga: Kemenkes: Keberhasilan program KB tekan kasus angka kematian ibu

Pewarta: Bayu Pratama Syahputra
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2023