Jakarta (ANTARA) - Memasuki usia 40 tahun, jumlah sel senescent atau sel rusak yang juga disebut dengan zombie cells, terus bertambah dalam tubuh dan diperparah dengan pola hidup tidak sehat, polusi, hingga tingkat stres seseorang.

Kondisi ini menimbulkan peradangan secara perlahan dan berlangsung lama (silent inflammation). Ini belum termasuk dengan peningkatan kadar asam dalam tubuh yang penyebab utama munculnya penyakit-penyakit kronis terkait usia dan percepatan penuaan.

Akumulasi zombie cells juga menurunkan kadar pH di tingkat sel, menciptakan lingkungan yang toksik serta menurunkan sistem imun. Sel-sel imun kita tidak lagi mampu mengalahkan zombie cells, virus, bakteri hingga sel-sel kanker, sementara sel punca tubuh tidak dapat berfungsi dengan baik untuk memperbaiki kerusakan yang ada. Hasilnya, zombie cells bermultiplikasi dan penyakit menjadi bertambah kompleks.

Sayangnya, kini banyak kaum muda di bawah 40 tahun yang sudah memiliki berbagai keluhan fisik akibat jumlah zombie cells dalam tubuhnya yang terus mengalami peningkatan.

Baca juga: Cegah penuaan dini, peneliti Unair kembangkan terapi stem cell

Baca juga: Panduan untuk memilih produk yang tepat sesuai kondisi kulit


Hal inilah yang kemudian menggerakkan PT Asoka Bunga Khatulistiwa bekerjasama dengan Alster Lake Clinic (ALC) dari Jerman di bawah bimbingan Prof. Dr. med. Fred Fändrich, FRCS, director of the Department of Applied Cellular Medicine di Universitas Schleswig – Holstein (UKSH), Kampus Kiel, Jerman, mempersembahkan klinik khusus terapi sel yang berfokus pada pencegahan penyakit, reverse aging dan terapi untuk penyakit kronis yang masih menemui hambatan lewat pengobatan medis konvensional.

“Teknologi Prof. Fändrich sangatlah unik dan satu-satunya. Beliau menciptakan terapi sel menggunakan gabungan sel imun dan sel punca dari pasien sendiri dengan cairan infus organik yang bertujuan untuk menetralkan keasaman tubuh akibat dari peradangan, salah satu penyebab utama manusia menua dan bagaimana proses penuaan kemudian memunculkan penyakit-penyakit kronis,” ujar Direktur PT. Asoka Bunga Khatulistiwa Renius Albert Marvin dalam keterangannya diterima di Jakarta, Selasa (6/2).

ALC akan dibangun di Lot H3C seluas 5.600 m2 lengkap dengan seluruh fasilitas berstandar internasional, meliputi area pelayanan terapi sel dan laboratorium berteknologi tinggi berbasis GMP yang berada di bawah arahan langsung oleh Prof. Fändrich.

“ALC mengajak kita untuk berfokus pada disease prevention dan healthy aging, dengan cara memperbaiki kerusakan oleh sesuatu yang diabaikan di masa lalu. Tubuh manusia adalah mesin yang sangat istimewa, jika kita mau memahaminya dan bekerja bersamanya,” ujar Prof. Fändrich, yang terkenal selama ini di Jerman, juga banyak memiliki pasien berasal dari Indonesia mulai dari kalangan pejabat hingga artis.

Prof. Fändrich mengatakan bahwa zombie cells yang dikeluarkan dari dalam tubuh, terbukti bukan hanya menyehatkan tetapi juga mampu menyembuhkan penyakit sampai memundurkan umur manusia.

Founder Jakarta Aesthetic Clinic (JAC) dan Medical Director Alster Lake Clinic dr. Olivia Ong, M.Biomed. (AAM) mengatakan bahwa ALC didukung oleh tim dokter Jerman yang berkolaborasi dengan tim dokter Indonesia berpengalaman, menciptakan paket perawatan yang holistik dan presisi.

Seluruh perawatan dirancang untuk mampu memundurkan usia biologis lebih muda 3 hingga 10 tahun dari usia kalender.

Baca juga: Ini yang perlu diketahui jika melakukan perawatan wajah pertama kali

Usia biologis adalah prediktor yang akurat untuk berbagai penyakit kronis, bilamana usia biologis seseorang lebih tua dari usia kalendernya, maka seseorang memiliki risiko lebih tinggi secara signifikan untuk terkena penyakit kronis dan bahkan bisa sampai meninggal dunia akibat diabetes, penyakit kardiovaskular atau stroke.
Peresmian groundbreaking ALC di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sanur Bali beberapa waktu lalu yang dihadiri oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir. (ANTARA/Ho ALC)


Peresmian groundbreaking ALC di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sanur Bali, juga dihadiri oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir.

Dalam kesempatan tersebut, Erick Thohir dengan bangga menyampaikan bahwa KEK Sanur telah bekerja sama dengan berbagai investor yang expert dalam bidang kesehatan yang ada di seluruh dunia.

“Salah satu yang sudah melakukan groundbreaking adalah Prof. Fred Fändrich, Founder Alster Lake Clinic (ALC). Beliau adalah salah satu orang genius yang ada di dunia, yang tahu bagaimana bisa memperbaiki sistem kesehatan,” ujar Erick Thohir pada saat peletakan batu pertama ALC beberapa waktu lalu.

Baca juga: Awal remaja adalah waktu yang tepat untuk kenal perawatan kulit

Baca juga: Ini 5 makanan lezat kaya vitamin E untuk kulit sehat dan bersinar


Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024