Jakarta (ANTARA) - Praktisi kesehatan masyarakat Ngabila Salama menyampaikan kiat menjaga kesehatan bagi anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang akan bertugas dalam pemilihan umum pada 14 Februari 2024.

"Sehat dimulai dari diri sendiri, tidak hanya fisik tapi juga mental. Petugas KPPS penting peduli akan kesehatannya selama menjalankan tugas negara ini," kata Kepala Seksi Pelayanan Medik RSUD Tamansari itu kepada ANTARA di Jakarta, Minggu.

Ngabila mengatakan bahwa kesehatan para petugas KPPS harus dalam kondisi prima supaya bisa menjalankan tugas dengan baik saat pemilu.

Oleh karena itu, dia menyarankan para anggota KPPS untuk mengonsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang serta minum suplemen vitamin C dan D3.

Menurut dia, anggota KPPS yang akan bertugas dalam pemilu sebaiknya menerapkan pola hidup bersih dan sehat, termasuk memakai masker dan mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir usai aktivitas.

Ia juga menyarankan anggota KPPS selama menjalankan tugas melakukan peregangan lima sampai 10 menit setiap dua jam dan memastikan kebutuhan air minum terpenuhi.

"Hindari juga minuman kemasan, soda, dan minuman berenergi yang mengandung kadar gula tinggi," kata Ngabila.

Selain itu, dia menganjurkan para petugas KPPS untuk mencukupkan istirahat sebelum menjalankan tugas.

"Pastikan juga untuk istirahat cukup, minimal tujuh jam sehari. Jangan stres, lebih baik berbagi tugas dengan team work (tim kerja) yang baik dan saling toleransi, empati," katanya.

Dia berpesan kepada para petugas KPPS agar segera menghubungi petugas kesehatan jika merasa sakit.

Baca juga: Kiat hidup sehat untuk penderita anemia
Baca juga: Pakar sampaikan tips jaga daya tahan tubuh lawan flu


Pewarta: Hreeloita Dharma Shanti
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2024