Sehingga yang kami berikan kepada masyarakat adalah harga-harga yang terjangkau
Jakarta (ANTARA) - Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta memprediksi kebutuhan beras naik sebesar 3,53 persen selama bulan Ramadhan hingga Idul Fitri yang mana untuk menghadapi hal itu telah dilakukan pengamanan untuk menjamin stabilitas harga.
 
"Kebutuhan  Ramadhan sampai Idul Fitri normalnya naik kurang lebih 3,53 persen," kata Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta Suharini Eliawati saat rapat Komisi B DPRD DKI terkait kesiapan ketahanan pangan menjelang Ramadhan dan Idul Fitri 1445 Hijriah di Jakarta, Rabu.
 
Eli menuturkan prognosa kebutuhan saat ini sudah dipetakan mulai sejak 1 Maret hingga 30 April 2024.
 
Adapun stok beras yang tersimpan di Pasar Induk Cipinang sebesar 30 ribu ton sehingga dipastikan kebutuhan beras mencukupi hingga Idul Fitri.
 
"Sehingga kalau pada saat Idul Fitri nanti angka kenaikannya kami prediksi 4,67 persen," tambahnya.
 
Selain itu, pihaknya juga mencatat kebutuhan tertinggi pada bulan Ramadhan yakni telur di angka tujuh persen yang biasanya digunakan untuk membuat kue.
 
Kemudian disusul dengan kebutuhan daging sapi dan kerbau yang diperkirakan naik 8,63 persen.
 
Dinas KPKP DKI juga bekerjasama dengan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) seperti Food Station Tjipinang Jaya, Bulog, Dharma Jaya, dan pasar modern lainnya telah memperkuat stok bahan pokok untuk menyambut Ramadhan bahkan ketersediaan masih mencukupi  sampai dengan Idul Fitri.
 
"Sehingga yang kami berikan kepada masyarakat adalah harga-harga yang terjangkau," tuturnya.
 
Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan program Sembako Murah bertujuan membantu warga setempat untuk memenuhi kebutuhan hidup selama Ramadhan 1445 Hijriah.

"Menjelang puasa kami akan terus adakan kegiatan ini dan sudah ada jadwal di lima wilayah untuk membantu masyarakat agar bisa membeli sembako murah," kata Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono di Jakarta, Rabu.
 
Ia mengatakan program Sembako Murah dijual kepada warga seharga Rp100 ribu yang terdiri beras seberat lima kilogram (kg), gula pasir satu kg, tepung terigu satu kg dan minyak goreng dua liter.
Baca juga: Sembako murah dinilai bantu warga jelang Ramadhan
Baca juga: Pemprov DKI sebar seribu paket sembako murah di Cilincing Jakut
Baca juga: Polisi tangkap komplotan pencuri gudang sembako di Jakarta Utara

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024