Seribuan rumah warga yang terdampak itu terdapat di 10 kecamatan
Kendari (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menyebutkan bahwa sebanyak 2.198 unit rumah warga terdampak bencana alam banjir di Kota Kendari, pada Rabu (6/2) lalu.

Kepala BPBD Kota Kendari Fadlil Suparman saat ditemui di Kendari, Jumat, mengatakan bahwa berdasarkan data sementara yang dimiliki oleh BPBD Kota Kendari, seribuan rumah warga yang terdampak itu terdapat di 10 kecamatan yaitu Kecamatan Kendari, Kendari Barat, Mandonga, Puuwatu, Kadia, Wuawua, Baruga, Poasia, Abeli, dan Nambo.

Dia menyebutkan di Kecamatan Kendari Barat terdapat sebanyak 563 rumah, kemudian di Kecamatan Kendari Barat terdapat 561 rumah, Kecamatan Mandonga 230 rumah, Kecamatan Puuwatu 31 rumah, Kecamatan Kadia 129 rumah, Kecamatan Wuawua 566 rumah, dan Kecamatan Baruga 58 unit rumah.

Kemudian di Kecamatan Poasia sebanyak 13 rumah, Kecamatan Abeli 20 rumah, dan Kecamatan Nambo 27 rumah, ujarnya.
 
Alat berat membersihkan lumpur sisa banjir di depan Rumah Sakit Santa Anna Kendari. (ANTARA/La Ode Muh Deden Saputra)

Selain rumah warga, terdapat juga beberapa fasilitas umum yang terdampak bencana tersebut, di antaranya Lurah Mata, Kecamatan Kendari, satu sekolah, dan satu rumah sakit di Kelurahan Sodohoa, Kecamatan Kendari Barat, Kota Kendari.

Fadlil mengungkapkan bahwa selain bencana banjir, beberapa wilayah di Kota Kendari juga terjadi bencana tanah longsor yang terjadi di Kecamatan Kendari dan Kendari Barat.

"Begitu juga untuk pohon tumbang terjadi di beberapa wilayah akibat cuaca yang begitu ekstrem," jelasnya.

Dia menambahkan bahwa data tersebut merupakan data sementara yang dipegang oleh Pemkot Kendari. Tidak menutup kemungkinan jumlah rumah ataupun kepala keluarga yang menjadi korban bencana alam itu akan bertambah.

"Jumlah itu belum kita validasi lagi, karena untuk di beberapa wilayah itu tertulis sekian, ternyata di lapangan ternyata banyak," tambah Fadlil Suparman.

Baca juga: BPBD: Penanggulangan banjir di Kendari butuh tambahan petugas
Baca juga: Tim SAR Basarnas evakuasi 31 korban banjir di Kota Kendari
Baca juga: Pemerintah buka dua dapur umum untuk warga terdampak banjir di Kendari

 

Pewarta: La Ode Muh. Deden Saputra
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024