Jakarta (ANTARA) - Awal tahun ini, Readyverse Studios otak di balik franchise fiksi ilmiah “Ready Player One” mengumumkan “The Readyverse,” sebuah platform interaktif untuk permainan dan pengalaman metaverse melalui “Open”.

Readyverse Studios bermitra dengan Warner Bros. Discovery (WBD) menghadirkan novel populer tersebut ke metaverse di web3.

Dikutip dari laman Tech Crunch, Senin (11/3), “Open” adalah pengalaman battle royale orang ketiga di mana pemain bersaing satu sama lain dalam mode kolaboratif multi-putaran bergaya pertunjukan game menggunakan berbagai teknik permainan, seperti menembak, penentuan posisi taktis, dan mengemudi. Pendiri Readyverse Studios memulai debutnya di Open dalam sebuah trailer selama festival South by Southwest (SXSW).

Baca juga: Hyundai luncurkan game mobilitas masa depan di Roblox

Pengalaman baru ini menampilkan bioma Ready Player One di mana pemain dapat menjelajahi lingkungan, mendapatkan skin yang terinspirasi oleh novel, dan bersaing satu sama lain. Selain itu, Open memiliki bioma lain dengan karakter yang dapat dikenali dari IP ikonik.

Dalam trailer tersebut, pemirsa melihat protagonis Ready Player One Wade Watts (alias Parzival) berjalan melewati produk-produk nostalgia seperti mobil DeLorean dan televisi antik serta konsol video game.

WBD mendistribusikan film “Ready Player One” adaptasi tahun 2018 yang disutradarai oleh Stephen Spielberg. Bagi yang belum familiar dengan karya Klein, Ready Player One berlatar tahun 2045, ketika planet ini berada di ambang kehancuran.

Baca juga: Meta uji coba terbatas metaverse Meta Horizon World

Sebagai pelarian mental, mayoritas populasi manusia menggunakan simulasi realitas virtual yang disebut OASIS. Ketika pembuat simulasi meninggal, sebuah pesan dikirim ke pengguna bahwa orang pertama yang menemukan Telur Paskah digital akan mendapatkan kepemilikan OASIS. Watts, seorang remaja yatim piatu dan keranjingan bermain game, mengikuti kontes di mana dia melawan karyawan perusahaan jahat yang bekerja untuk CEO serakah yang ingin mengontrol dan memonetisasi OASIS dengan iklan online yang mengganggu.

“Open adalah pengalaman metaverse kualitas AAA pertama yang dapat dioperasikan dengan IP AAA yang memanfaatkan teknologi web3, dan dinamai berdasarkan prinsip-prinsip yang dimanfaatkan The Readyverse, seperti interoperabilitas aset, kepemilikan digital, desentralisasi, dan keamanan,” kata pihak Readyverse Studios.

Baca juga: Gim adaptasi dari komik web "Garuda Eleven" siap meluncur

Sebagian besar teknologi tersebut berkat Futureverse, sebuah platform dari 11 perusahaan seperti studio game dan startup blockchain.

Open juga dikembangkan bersama Walker Labs, sebuah video game dan pengembang teknologi web generasi berikutnya yang merilis game penembak dan petualangan multipemain dunia terbuka bernama Walker World pada tahun 2022.

Open saat ini sedang dikembangkan untuk PC. Pemain yang tertarik dapat mendaftar untuk akses awal mulai hari ini.

Baca juga: GUNDAM akan luncurkan proyek metaverse

Baca juga: Good Games Guild ingin dorong ekonomi virtual di Indonesia


Penerjemah: Fitra Ashari
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024