Banjarmasin (ANTARA) - Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Winarto melepas sebanyak 512 pemudik program mudik gratis Polri Presisi 1445 Hijriah/2024 Masehi yang dilaksanakan Direktorat Lalu Lintas Polda Kalsel bersama Jasa Raharja.

"Alhamdulillah hari ini bisa terangkut 512 pemudik tujuan 11 kabupaten di Kalsel," kata Kapolda saat melepas rombongan pemudik di halaman Mapolda Kalsel di Banjarmasin, Jumat.

Baca juga: Polda Kalsel gelar mudik gratis untuk 500 orang

Diakui Kapolda antusias masyarakat untuk mengikuti mudik gratis cukup tinggi, bahkan melebihi kuota penumpang yang tersedia, yakni 500 orang.

Selain bebas biaya transportasi, kenyamanan angkutan juga menjadi daya tarik masyarakat, sehingga lebih memilih mudik yang dilaksanakan Polda Kalsel ketimbang angkutan umum reguler.

Bahkan, setiap pemudik juga diberikan paket makanan dan vitamin termasuk fasilitas pemeriksaan kesehatan gratis oleh Bidang Dokkes Polda Kalsel.

Kapolda mengatakan para sopir yang mengemudikan 19 armada bus telah dicek kesehatannya, sehingga menjamin keselamatan penumpang selama perjalanan.

"Tentu kita ingin masyarakat dapat mudik aman, nyaman dan selamat sampai tujuan untuk berlebaran di kampung halaman," katanya didampingi Direktur Lalu Lintas Polda Kalsel Kombes Pol Robertho Pardede dan Kepala Jasa Raharja Cabang Kalsel Benyamin Bob Panjaitan.

Program mudik gratis itu, menurut Kapolda, juga sebagai upaya pihaknya menekan angka kecelakaan di jalan raya. Jika masyarakat menggunakan kendaraan pribadi rawan laka lantas.

Baca juga: Antusias pemudik tinggi daftar mudik gratis Pemprov Kalsel

Baca juga: Gubernur Kalsel : Mudik gratis untuk tekan angka kecelakaan


Sementara itu, Ketua DPRD Kalsel Supian HK mengapresiasi langkah Polda Kalsel yang mengadakan mudik gratis bagi masyarakat kurang mampu, sehingga membantu meringankan beban mereka yang secara ekonomi menengah ke bawah.

"Bagi mereka yang ekonomi pas-pasan tentu program positif ini sangat berarti, sehingga biaya transportasi bisa dialihkan untuk keperluan Lebaran," ucapnya.

Pewarta: Firman
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024