Jakarta (ANTARA) - Stefanos Tsitsipas selamat dari keterpurukan di tengah pertandingan Monte Carlo Masters, di mana ia bangkit setelah menyia-nyiakan keunggulan 5-0 di set kedua melawan Alexander Zverev 7-5, 7-6(3) untuk akhirnya melaju ke perempat final.

Petenis Yunani itu menampilkan permainan terbaiknya di turnamen lapangan tanah liat tersebut dengan mengangkat trofi pada 2021 dan 2022.

Selama satu setengah set dia kembali berada dalam performa terbaiknya dalam pertemuan head to head ke-15 dengan Zverev.

"Saya menyebutnya sebagai petualangan seumur hidup. Sesuatu yang tidak saya hadapi setiap hari dan momentumnya berubah secara dramatis di beberapa titik," kata Tsitsipas, dikutip dari ATP, Jumat.

"Terjadi ke satu arah dan kemudian kembali ke arah sebaliknya. Saya bahkan tidak tahu, saya sedang mencoba mencari tahu sekarang apa yang terjadi."

"Saya unggul 5-0 di set kedua. Namun, segalanya tampak cukup bagus di tie-break, terutama saat saya mendapat mini break," ujar petenis berusia 25 tahun itu.

Tsitsipas mendikte Zverev dengan pukulan forehand-nya, memaksa petenis Jerman itu melakukan pukulan keras, dan dari kedudukan 7-5, 5-0 petenis Yunani itu tampak berada di jalurnya untuk meraih kemenangan.

Namun, dari dua match point saat kedudukan 5-0, Tsitsipas mulai salah sasaran dan Zverev memanfaatkannya, meningkatkan konsistensinya dari baseline hingga menyamakan kedudukan menjadi 5-5.

Baca juga: Novak Djokovic melaju ke perempat final Monte Carlo Masters


Dengan kemungkinan terjadinya set penentuan, Tsitsipas kembali tenang pada babak tie-break, mengangkat tangannya setelah memastikan kemenangan yang diraih dengan susah payah selama dua jam enam menit.

Ini adalah pertama kalinya Tsitsipas mengalahkan lawan Top 5 musim ini.

"Saya bersyukur bisa bermain seperti yang saya lakukan hari ini. Butuh kekuatan mental yang besar sepanjang pertandingan. Sangat konsisten dari awal hingga akhir. Saya merasa sangat dominan sejak awal," ujar Tsitsipas.

"Saya mampu menciptakan kecepatan dan membuka lapangan, yang sangat membantu saya. Ada lebih banyak tenis yang harus dimainkan, saya bersemangat untuk melihat apa yang akan terjadi di masa depan. Pertandingan hari ini adalah penilaian yang bagus mengenai seberapa besar saya bisa bertarung dalam pertandingan yang sulit."

Tsitsipas akan bertemu Karen Khachanov di perempat final.

Tsitispas tiba di Monte Carlo di peringkat 12, setelah melaju melampaui perempat final hanya di satu ajang tingkat tur sejauh musim ini, semifinal Los Cabos.

Namun, unggulan ke-12 tersebut terlihat hampir mencapai performa terbaiknya di Monte Carlo, dimana ia memegang rekor menang kalah 17-3.


Baca juga: Medvedev disingkirkan Khachanov dari Monte Carlo Masters

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024