Tangerang (ANTARA) - Kepolisian Resor Kota (Polresta) Bandara Soekarno-Hatta meningkatkan keamanan dan pelayanan selama masa arus balik Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah/2024 Masehi.

Kapolresta Kombes Pol. Roberto Pasaribu di Tangerang, Minggu mengatakan, bahwa sebagai memberikan pengamanan dan pelayanan terhadap para pemudik maka pihaknya telah menyiagakan sejumlah fasilitas arus balik Lebaran di antaranya Posko Pelayanan (Posyan) di Terminal 3, Posko Pengamanan (Pospam) di Terminal 1, 2 dan 3.

Kemudian Posko Terpadu di Terminal 1, Call Center Halo Polisi 110, serta pelayanan pengamanan tertutup untuk mengantisipasi terjadinya aksi kejahatan pencurian bagasi dan barang bawaan penumpang pesawat.

Berikutnya, pihaknya juga melakukan pengaturan kelancaran lalu lintas pada arus balik ke arah Jakarta maupun arah Bandara Soekarno-Hatta, seiring dengan dioperasikan-nya jalur Little Semanggi atau east Flyover di Bandara Soekarno-Hatta.

Baca juga: Polresta Bandara Soetta sebar 230 personel untuk amankan mudik 

Baca juga: Polresta Bandara Soetta sediakan pos layanan arus balik Lebaran

"Di Posyan yang kami sediakan, para pemudik bisa melakukan cek kesehatan gratis, serta beristirahat sejenak" ujar Roberto usai meninjau berbagai fasilitas yang disediakan pihaknya untuk arus balik di Bandara Soekarno-Hatta.

Ia mengungkapkan, Polresta Bandara Soetta juga menyiapkan Posko Pengendalian (Command Center), Sentral Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Mobile, Dokkes Polri dan Ambulans serta menyiagakan 230 personel gabungan dari unsur TNI-Polri dan bekerja sama dengan pemangku kepentingan di Bandara Soekarno Hatta.

"Rinciannya, Polri 125 personel, TNI 30 personel, Avsec 50 personel, Kesehatan Pelabuhan 10 personel, Gegana Brimob 10 personel, K-9 ada 5 personel," tuturnya.

Untuk saat ini, kata Roberto, berdasarkan data dari Angkasa Pura II arus balik di Bandara Soetta telah mengalami lonjakan penumpang sejak Kamis (11/4) hingga hari Sabtu (13/4).

Roberto merinci, pada Kamis (11/4) jumlah penumpang pesawat mencapai 121.325 orang, Jumat (12/4) ada 133.923 orang, Sabtu (13/4) 153.658 orang, Minggu (14/4) diprediksi mencapai 173.847 orang.

"Puncak arus balik di Bandara  Soekarno-Hatta diprediksi terjadi pada Senin 15 April 2024. Dari tanggal 3 sampai dengan 13 April 2024, jumlah penumpang pesawat di Bandara Soekarno-Hatta mencapai 1.634.474 orang," ujarnya.

Seiring dengan terus meningkatnya jumlah penumpang pesawat tersebut, Roberto mengimbau kepada para pemudik agar senantiasa menjaga kesehatan dan juga keselamatan diri serta mengikuti aturan penerbangan, termasuk mengetahui kategori barang yang dilarang untuk diangkut oleh pesawat serta menjaga barang berharga yang dibawa.

"Melalui momen lebaran ini, kami dari Polresta Bandara Soekarno-Hatta mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, mohon maaf lahir dan batin," ujar dia.

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024