Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Pusat menargetkan sebanyak 300 orang mendaftarkan diri untuk mengikuti pemilihan Abang None (Abnon) 2024 tingkat kota tersebut yang pendaftarannya telah dibuka sejak 1 Mei hingga 31 Mei mendatang.
​​​​​​
"Tahun ini targetnya 300 (orang yang mendaftar), tahun lalu yang daftar 206 orang," kata Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Jakarta Pusat Wiwik Satriani saat dihubungi di Jakarta, Kamis.

Ajang pemilihan duta wisata dan budaya Jakarta ini merupakan kesempatan bagi para pemuda dan pemudi Jakarta untuk menunjukkan bakat, potensi serta kontribusi nyata dalam mempromosikan pariwisata serta budaya Jakarta.

"Harapannya para muda-mudi yang mempunyai potensi, minat dan niat untuk berkontribusi dalam kegiatan pengembangan kepariwisataan di Jakarta dapat mendaftarkan diri sebagai peserta Abang None," ujar Wiwik.

Kemudian, berbarengan dengan masa pembukaan pendaftaran, Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Sudin Parekraf) juga melakukan serangkaian kegiatan promosi melalui media sosial dan "roadshow" seperti pada Sabtu (4/5) di salah satu pusat perbelanjaan kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

Baca juga: Dede Januardi-Muthia Khanza Abang None Jakpus 2015
Baca juga: Abang-None Jakpus berdayakan warga Rusun Tanah Tinggi


Adapun syarat dan ketentuan pendaftaran Abang None tahun ini antara lain WNI dan memiliki KTP, berusia minimum 18 tahun dan maksimum 25 tahun serta memiliki tinggi badan minimum Abang 170 cm dan None 165 cm.

Syarat lainnya, yakni pendidikan minimal lulus SMA/SMK/sederajat, belum menikah, sehat jasmani dan rohani, bebas dari obat-obatan terlarang serta memiliki wawasan luas, mampu berbahasa asing dan berkomunikasi dengan baik.

Setelah masa pendaftaran, kegiatan pemilihan Abang None dilanjutkan dengan seleksi tahap pertama pada 1 Juni 2024. Kemudian seleksi tahap kedua keesokan harinya.

Setelah itu, sebanyak 30 peserta yang terpilih menjadi calon Abang None akan melakukan serangkaian pelatihan sebelum mengikuti Malam Final Pemilihan Abang None Jakarta Pusat 2024 pada 17 Juli mendatang.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024