Jakarta (ANTARA) - Peraih gelar Rookie Of The Year NBA 2024 Victor Wembanyama masuk dalam rooster timnas Prancis untuk kompetisi cabang olahraga bola basket di Olimpiade Paris 2024.

Pelatih Prancis Vincent Collet mengumumkan daftar tambahan menjadi 19 pemain untuk melengkapi skuad yang sebelumnya sudah diumumkan untuk Olimpiade Paris 2024.

Wembanyama yang merupakan pemain debutan NBA dengan tinggi 2,24 meter itu akan memperkuat skuad Prancis dalam upaya menyumbang medali dan akan bermain bersama para pemain kunci seperti Rudy Gobert, Nicolas Batum, dan Evan Fournier.

Dengan hadirnya Gobert dan Wembanyama, Prancis memiliki dua pemain bertahan terbaik NBA.

Rudy Gobert juga baru saja memenangkan penghargaan Best Defender of The Year NBA 2024 atau Pemain Bertahan Terbaik NBA untuk keempat kali dalam kariernya. Dia unggul tipis dari Wembanyama lewat perolehan poin.

Wembanyama yang merupakan pemain San Antonio Spurs akhirnya masuk ke dalam skuad Prancis setelah sebelumnya tidak turut pada Piala Dunia FIBA 2023, meskipun dia sudah diisukan memperkuat Prancis pada turnamen tersebut kala itu.

“Kunci untuk membangun tim adalah membangun pertahanan tanpa kompromi,” kata Collet seperti dikutip dari ESPN.

"Kami memiliki profil yang unggul dalam bidang ini," katanya lagi.

Baca juga: Mitchell targetkan masuk dalam skuad basket AS di Olimpiade

Daftar 19 pemain tersebut akan dipangkas menjadi 12 pemain untuk turnamen bola basket di Olimpiade Paris 2024. Nama-nama pemain itu termasuk pendatang baru seperti Bilal Coulibaly, Ousmane Dieng, dan Killian Hayes yang semuanya juga bermain di NBA musim ini.

Khususnya, daftar ini menampilkan lima pemain posisi point guard, sebagai kompensasi atas absennya Thomas Heurtel yang telah memainkan posisi tersebut secara reguler untuk Prancis selama dekade terakhir tetapi tidak dimasukkan karena afiliasinya dengan klub Rusia.

Tim Prancis yang meraih medali perak di Olimpiade Tokyo 2020 akan menghadapi sejumlah lawan tangguh pada pertandingan eksibisi sebagai laga pemanasan sebelum turnamen, antara lain Turki, Jerman, Serbia, Kanada, dan Australia.

Di Olimpiade, Prancis akan berada di Grup B bersama Jerman, Jepang, dan pemenang dari turnamen Kualifikasi Olimpiade Paris.

Baca juga: Api Olimpiade tiba di Pelabuhan Tua Marseille
Baca juga: Xi Jinping dan Macron bertukar obor Olimpiade sebagai hadiah

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024