Jakarta (ANTARA) - Alumni program Startup Studio Indonesia (SSI) yang dihelat Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) yang bergerak sebagai penyedia jasa aplikasi perpajakan menghadirkan solusi dan mentransformasi sistem pelaporan pajak bagi korporasi-korporasi di Indonesia memenuhi kewajiban pajaknya. 

Direktur Ekonomi Digital Kemenkominfo Boni Pudjianto mengapresiasi inovasi ini karena dapat membantu banyak pihak dalam mewujudkan pembangunan negara semakin lebih optimal.

"Kami sangat bangga dengan Pajak.io yang mampu mengubah paradigma perpajakan di Indonesia. Sepak terjang mereka yang luar biasa adalah bukti nyata dari inovasi dan dampak positif yang konsisten kami dorong di SSI," kata Boni dalam keterangannya, Rabu.

Baca juga: Startup Binaan SSI tingkatkan literasi keuangan pekerja gig Indonesia

Adapun perusahaan rintisan yang dimaksud bernama Pajak.io yang merintis inovasi perpajakan lewat teknologi setelah melihat situasi sistem perpajakan korporasi yang kompleks padahal pajak dari korporasi-korporasi merupakan hal yang penting dalam pembangunan nasional.

Sebagai alumni dari program akselerator Startup Studio Indonesia (SSI) batch ke-6, Pajak.io menawarkan solusi yang memungkinkan integrasi langsung sistem korporasi dengan sistem Direktorat Jenderal Pajak (DJP).

Inisiatif ini bertujuan untuk memudahkan perusahaan dalam mengelola kewajiban pajaknya secara lebih efisien dan akurat dengan memanfaatkan fungsi automasi lanjutan.

Baca juga: Alumni SSI hadirkan solusi untuk manajemen personalia jadi efektif

Tentunya layanan Pajak.io telah terdaftar dan diawasi sebagai Penyedia Jasa Aplikasi Perpajakan resmi oleh DJP.

"Sebagai solusi, Pajak.io menghadirkan platform yang memungkinkan sistem internal perusahaan dapat diintegrasikan langsung dengan sistem DJP, di sini kami hadir untuk memfasilitasi otomatisasi manajemen pajak korporasi. Sehingga para perusahaan tidak perlu melakukan semua komponen ini secara manual," kata Co-Founder Pajak.io Jefriansyah Hertikawan.

Pajak.io menyediakan dashboard yang mudah digunakan, memungkinkan pengguna untuk memantau dan melaporkan kewajiban pajak mereka dari satu platform terpusat.

Baca juga: Secha alumni SSI jalin kolaborasi perluas pasar real estate Indonesia

Dengan dukungan teknologi cloud, Pajak.io memastikan bahwa semua aktivitas pajak dapat diakses dan dikelola dari mana saja, memberikan fleksibilitas yang maksimal bagi penggunanya.

Fitur-fitur ini, ditambah dengan kemampuan untuk mengelola Nomor Seri Faktur Pajak secara otomatis, menjadikan Pajak.io solusi yang komprehensif untuk kebutuhan pajak korporasi.

Dari sisi keamanan data, platform Pajak.io sudah terdaftar di Kementerian Kominfo dan telah mengantongi sertifikasi ISO27001.

Baca juga: Startup Studio Indonesia buka pendaftaran untuk batch 8

Berkat hal itu, hingga pertengahan 2024 Pajak.io telah dipercaya beberapa korporasi swasta dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memperkuat keandalan dan efisiensinya dalam meningkatkan proses administrasi pajak.

Contohnya seperti dari salah satu mitranya yang berasal dari industri penyedia layanan hosting we. Mitra tersebut memanfaatkan fitur automasi melalui API Pajak.io dan telah berhasil mengotomatisasi penerbitan lebih dari sepuluh ribu faktur pajak setiap bulannya.

Terbaru, Pajak.io dipercaya untuk mengelola administrasi Pajak Pertambahan Nilai (PPN) untuk salah satu perusahaan teknologi terkemuka di Indonesia, dengan rencana pengelolaan hingga satu juta faktur pajak per bulan.

Ke depannya, Pajak.io akan membuka lebih banyak kerja sama dengan penyedia solusi sistem ERP (Enterprise Resource Planning) dan juga sistem akuntansi agar solusi perpajakan yang terotomatisasi dapat digunakan serta diakses oleh lebih banyak perusahaan di Indonesia.

Baca juga: Kemenkominfo buka kolaborasi lintas sektor untuk startup lewat SSI X

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024