Jakarta (ANTARA News) - Menteri Perindustrian Saleh Husin memaparkan program "Quick Wins Perindustrian 2014-2019" di hadapan para pengusaha yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), dalam acara "CEO Gathering Apindo" bersama Menteri Ketenagakerjaan dan Menteri Perdagangan di kantor Apindo, Permata Kuningan, Jakarta, Senin malam.
    
"Program Quick Wins terdiri dari tujuh poin, antaranya desain ulang peta jalan industrialisasi sejalan dengan Trisakti dan Nawa Cita, penghilirian hasil tambang ke produk jasa dan industri, penghilirian produk pertanian menjadi produk agro industri, pembangunan 10 kawasan industri di luar Pulau Jawa melalui kerja sama swasta dan pemerintahan," kata Menperin.
    
Selain itu, Menperin mengatakan program lima tahunan itu juga meliputi expo dan pemberian penghargaan terhadap inovasi produk-produk industri serta kampanye kreatif dan sistematis untuk menumbuhkan apresiasi terhadap kegiatan industri dalam mendukung peningkatan penggunaan produk dalam negeri (P3DN).
    
"Penguatan struktur industri melalui keterkaitan antara industri hulu, industri intermediate, dan industri hikir juga akan dilakukan," katanya.
    
Acara "CEO Gathering" sendiri merupakan ajang penguatan sinergi antar-pengusaha maupun pengusaha dengan pemerintah.
    
Ketua Umum Apindo Hariyadi B Sukamdani yang baru saja dilantik menggantikan Sofjan Wanandi yang mengundurkan diri untuk menjadi Ketua Dewan Pertimbangan Apindo dan Ketua Tim Ahli Ekonomi Wakil Presiden Jusuf Kalla, mengatakan sinergi antara pemerintah dan pengusaha yang telah dimulai sejak masa Sofjan Wanandi akan ditingkatkan.
    
"Hal itu adalah wujud komitmen pengusaha mendukung pemerintahan baru dalam menjalankan negara. Apalagi Apindo telah menyerahkan peta jalan perekonomian yang berisi rekomendasi kebijakan kepada pemerintah baru," kata Hariyadi.

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014