Yogyakarta (ANTARA News) - PT Panasonic Gobel Indonesia menghadirkan produk pompa air 75 watt yang menggunakan jumlah pasokan listrik rendah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam mengakses air bersih.

"Untuk pertama kalinya dalam lima tahun terakhir, kami meluncurkan inovasi pompa baru 75 watt yang dirancang khusus untuk masyarakat dengan akses listrik 450 watt," kata Presiden Direktur PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI) Hiroyoshi Suga di Yogyakarta, Kamis.

Pada peluncuran pompa air 75 watt, ia mengatakan produk itu merupakan pompa dengan watt rendah pertama di Indonesia untuk penggunaan rumah tangga.

"Kami percaya pompa itu adalah jawaban yang tepat bagi masyarakat Indonesia dengan pasokan listrik terbatas sehingga dapat memiliki akses yang lebih mudah untuk air bersih," katanya.

Menurut dia, produk pompa air hemat energi tersebut dimaksudkan untuk memberikan kemudahan dalam mengakses air bersih yang berkualitas bagi masyarakat.

"Kami menggunakan kekuatan pendorong inovasi teknologi yang terbuat dari aluminium, yang telah menjadi standar global dalam industri ini," katanya.

Product Manager Pompa PT PGI Mardiansyah Putra menngatakan pihaknya menghadirkan dua jenis pompa 75 watt untuk pasar Indonesia, sehingga masyarakat memiliki banyak pilihan.

"Model GL-75JXK dirancang khusus untuk penggunaan pompa manual, sedangkan bagi mereka yang membutuhkan pompa otomatis dapat menggunakan model GL-75JAK," katanya.

Menurut dia, pompa 75 watt itu memiliki kapasitas penyedotan air sekitar 16 liter per menit dengan total kedalaman pengisapan hingga 9 meter.

Total daya listrik yang diperlukan adalah 75 watt (output) dan 120 watt (input), yang membuat pompa tersebut sesuai untuk kebutuhan rumah tangga dengan kapasitas listrik 450 watt.

"Produk tersebut dijual dengan harga Rp399 ribu untuk pompa manual dan Rp529 ribu untuk pompa otomatis," katanya.

Pewarta: Bambang Sutopo Hadi
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015