Kendari (ANTARA News) - Kementerian Pertanian (Kementan) RI merevisi bantuan sebanyak 200 ekor ternak sapi untuk para pertenak di sejumlah kabupaten di provinsi.

"Setelah kita melakukan revisi pemberian bantuan ternak sapi di seluruh Indonesia, maka Sultra yang semula mendapat jatah bantuan sebanyak 200 ekor, menjadi tidak ada," kata Menteri Pertanian, Amran Sulaeman di Kendari, Sabtu malam.

Kebijakan revisi tersebut kata Mentan bukan berarti pemerintah melalui Kementerian Pertanian tidak memberikan perhatian pada pengembangan ternak sapi di Sultra, lebih pada pada pertimbangan ketersediaan dana pemerintah.

"Kabupaten-kabupaten yang tidak jadi mendapatkan bantuan dari 200 ekor ternak sapi itu, saya minta agar mulai sekarang menanam rumput untuk pakan ternak sapi karena tahun depan kita akan memberikan bantuan ternak sapi yang jumlahnya lebih banyak," katanya.

Pemerintah melalui Kementerian Pertanian katanya, akan terus bekerja keras untuk meningkatkan populasi sapi di seluruh Indonesia, sehingga kebutuhan daging nasional tidak lagi tergantung pada impor daging.

Bahkan ujarnya pemerintah terus bertekad untuk menjadi salah satu negara pengekspor daging sapi di dunia.

"Saya sebagai Menteri Pertanian, sangat optimis target kita untuk menjadi pengekspor daging sapi dapat terwujud dalam satu atau dua tahun ke depan karena saat ini kita mengembangkan pertenakan sapi secara besar-besaran di seluruh Indonesia," katanya.

Di Sultra sendiri ada tiga kabupaten yang dijadikan sebagai sentra pengembangan produksi sapi nasional.

Ketiga kabupaten tersebut yakni Kabupaten Muna, Konawe Selatan dan Kabupaten Konawe.

Pewarta: Agus
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015