London (ANTARA News) - Pasar saham utama Eropa naik pada awal perdagangan Senin, memperpanjang pemulihan akhir pekan lalu.

Indeks acuan FTSE 100 London naik 0,6 persen menjadi 5.933,4 poin dibandingkan dengan penutupan Jumat.

Di zona euro, indeks DAX 30 Frankfurt naik 0,3 persen menjadi 9.790,4 poin dan di Paris indeks CAC 40 bertambah 0,7 persen pada pembukaan menjadi 4.365,2, demikian laporan AFP.

Sementara pasar saham Asia menguat pada Senin dan harga minyak naik lagi setelah lebih banyak investor berspekulasi pada langkah-langkah bank sentral untuk mendukung pasar setelah "pertumpahan darah" pada awal tahun ini.

Hasil dari pertemuan kebijakan moneter bank sentral Jepang (BoJ) pada Jumat "bisa menjadi acara utama pekan ini ... karena bank sentral mungkin akan mengumumkan putaran stimulus moneter", kata Craig Erlam, analis pasar senior di kelompok perdagangan Oanda.

"Ekonomi Jepang telah melambat dan inflasi telah tidak ada. Ditambah dengan apresiasi yen baru-baru ini yang didorong aliran safe haven dan BoJ mungkin memiliki sedikit pilihan selain untuk pelonggaran lebih lanjut."

Menjelang pertemuan BoJ, Federal Reserve AS dijadwalkan akan mengadakan pertemuan pertamanya sejak kenaikan suku bunga mendekati nol bulan lalu.

Bank sentral AS akan merilis sebuah pernyataan pada Rabu, dimana para investor akan mencari petunjuk tentang laju kenaikan suku bunga mendatang.
(Uu.A026)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016