Jakarta (ANTARA News) - Pelatih Houston Rockets, Mike D'Antoni, bersekiras timnya lebih membutuhkan keberlangsungan ritme permainan ketimbang menempuh keputusan untuk memberikan waktu rehat bagi para pilar penting timnya, jelang musim reguler NBA berakhir.

Hal itu disampaikan D'Antoni selepas kekalahan Rockets di tangan San Antonio Spurs, Minggu (1/4) setempat, yang sekaligus menghentikan laju kemenangan beruntun tim yang sudah memastikan satu tiket playoff bersematkan keunggulan laga kandang sebagai pemimpin klasemen Wilayah Barat itu.

"Di akhir tahun, anda harus berhati-hati mengistirahatkan pemain. Semua pemain butuh rehat, rehat dan rehat. Tidak, mereka harus bermain," kata D'Antoni dalam wawancara dengan ESPN yang dilansir laman resmi NBA.

"Jika tidak, kami akan kehilangan keuntungan dari apa yang kami perjuangkan selama 80 laga dan itu sesuatu yang menakutkan bagi kami. Anda harus bermain. Anda harus tampil optimal, setiap hari. Dan kami akan menemukan kembali (ritmenya)," ujar dia menambahkan.

Pandangan D'Antoni tentang ritme permainan yang bisa hilang setiap saat cukup menarik, mengingat sebelum dikalahkan Spurs, Rockets telah meraup 11 kemenangan beruntun, dan diselingi satu kekalahan lain, mereka juga menapaki rentetan kemenangan di 17 laga. Praktis sejak pengujung Januari, Rockets memenangi 28 dari 30 laga yang mereka lakoni.

Baca juga: Spurs hentikan rentetan kemenangan Rockets

Meski demikian, D'Antoni bersikeras bahwa pilihan untuk merehatkan pemain penting dari laga-laga pengujung musim reguler berisiko bakal memudarkan ritme kemenangan yang selama ini sudah diperoleh.

"Mengistirahatkan pemain dan bermain buruk bukanlah rumus yang baik untuk menyongsong playoff," kata D'Antoni.

"Itu tidak baik. Mereka memiliki cukup waktu untuk beristirahat. Entah bagaimana ceritanya tidak bermain seolah menjadi adat kebiasaan," ujarnya menambahkan.

Sebelumnya, bintang Rockets, James Harden, yang juga jadi favorit untuk menyabet gelar Pemain Terbaik alias MVP NBA tahun ini, sempat mengutarakan bahwa ia dan rekan-rekannya membutuhkan sedikit istirahat menjelang pertaruhan hidup dan mati di babak playoff.

"Kami telah melewati beberapa pertandingan terakhir. Ini saatnya untuk keluar sejenak. Hanya untuk memperbaiki pikiran dan tubuh kami agar siap bertanding," ujarnya.

Rockets saat ini memimpin klasemen Wilayah Barat dengan raihan 62 kemenangan dan 15 kekalahan, dan telah mengantongi predikat sebagai juara Wilayah Barat di musim reguler serta mengantongi keunggulan laga kandang ketika mengarungi babak playoff nanti.

Penerjemah: Gilang Galiartha
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2018