Cirebon (ANTARA News) - PT Kereta Api (KAI) Daop 3 Cirebon, Jawa Barat, memprediksi puncak angkutan Lebaran 2018 terjadi pada Rabu (13/6) dengan peningkatan 8 persen.

"Kalau prediksi kita khususnya penumpang yang turun di stasiun Daop 3 Cirebon itu puncaknya pada dua hari menjelang Lebaran," kata Manajer Daop 3 Cirebon, Krisbiyantoro di Cirebon, Senin.

Pada dua hari menjelang Lebaran 2018 atau hari Rabu tanggal 13 Juni kata Kris, penumpang yang turun ada kenaikan 8 persen dibandingkan priode yang sama Lebaran 2017.

"Kita perkirakan peningkatan pada angkutan puncak itu meningkat 8 persen," ujarnya.

Sementara itu pada empat hari menjelang Lebaran yaitu Senin (11/6), data penumpang yang turun di Daop 3 Cirebon mencapai 8.233 orang.

Kris mengatakan kedatangan di stasiun-stasiun yang ada di bawah Daop 3 Cirebon, dari hari ke hari terus meningkat, terbukti pada hari Sabtu (9/6) ada 8.798 penumpang yang turun.

"Kemudian pada Minggu (10/6) tercatat sebanyak 9.136 penumpang," katanya.

Dia menuturkan dari jumlah penumpang yang turun sebagian besar turun di Stasiun Kejaksan dan Stasiun Prujakan Cirebon.

Diprediksi jumlah penumpang yang turun di wilayah kerja Daop 3 Cirebon akan terus bertambah seiring dengan mulai mendekati hari Lebaran. Hal ini karena tiket kereta api yang dijual mendekati hari Lebaran khususnya di Daop 3 Cirebon sudah habis terjual. Wilayah kerja Daop 3 Cirebon antara lain sebagian Kabupaten Karawang, Subang, Indramayu, Cirebon, Brebes dan sebagian Kabupaten Tegal.

Baca juga: Atasi lonjakan pemudik H-5, KAI tambah delapan kereta dari Stasiun Senen

Baca juga: Perlintasan kereta api jalur Cijapati tanpa palang pintu

Baca juga: KAI Cirebon catat kedatangan penumpang mulai meningkat

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2018