Kepada para calon haji agar menjaga kesehatan, suhu di tanah suci di Kisaran 50 derajat, jadi harus banyak-banyak minum,
Palembang (ANTARA) - Kloter pertama jamaah calon haji Embarkasi Palembang sebanyak 448 orang telah berangkat menuju tanah Suci dari Bandara Sultan Mahmud
Badaruddin II (SMB) dengan Maskapai Saudi Arabia.

Pantauan di Palembang, Minggu, melaporkan Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru melepas para jamaah di Asrama haji Palembang, lalu jamaah menuju Bandara SMB II dan pesawat lepas landas pukul 10.00 WIB.

"Kepada para calon haji agar menjaga kesehatan, suhu di tanah suci di Kisaran 50 derajat, jadi harus banyak-banyak minum," ujar Herman saat melepas jamaah di Asrama Haji Palembang.

Menurutnya Pemprov Sumsel juga membekali jamaah dengan uang saku sebesar Rp1 Juta sebagai bentuk perhatian pemerintah untuk membantu keperluan jamaah selama di tanah suci.

Baca juga: Gubernur Sumsel bekali jamaah haji uang saku

Namun ia meminta jamaah khusyuk melakukan rukun dan wajib haji dengan tidak berlebihan dalam berfoto atau beraktivitas di luar prosesi haji, sebab ada dua juta lebih jamaah haji dari seluruh dunia yang berkumpul di tanah suci.

"Semoga para jamaah jadi haji mabrur dan membawa manfaat saat kembali ke tanah air," tambahnya.

Sementara Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPHI) Embarkasi Palembang, Alfajri Zabidi, mengatakan kloter pertama Embarkasi Palembang terdiri dari 356 jamaah asal Kabupaten Ogan Komering Ulu TImur KBIH As-Samiah 31 orang, KBIH Iqro 55 orang dan TPHID 3 orang, namun tidak semua jamaah calon haji diberangkatkan.

Baca juga: Kabupaten OKU Timur kloter pertama embarkasi haji Sumsel

"Ada satu jamaah asal Ogan Komering Ulu Timur yang meninggal dan satu JCH sedang sakit, jadi yang berangkat 448 orang dari seharusnya 450," ungkap Alfajri.

Baca juga: Dua calon haji kloter pertama Sumsel batal berangkat

Selain itu pada kloter pertama terdapat 10 jamaah lanjut usia yang harus dibantu dengan kursi roda atau tongkat.

Berdasarkan data PPIH Sumsel pada musim haji 2019, Embarkasi Palembang memberangkatkan 8.545 jamaah haji yang terdiri dari 7.195 jamaah asal Sumsel, 1.255 jemaah asal Bangka Belitung, dan 95 petugas pendamping.

Keberangkatan dibagi menjadi 19 kloter yang dibagi menjadi dua gelombang, dimulai 7 hingga 19 Juli dan 20 hingga 25 Juli 2019 dengan waktu keberangkatan dari Bandara SMB II Palembang pukul 10.00 WIB, kecuali pada 21 Juli jamaah dijadwalkan berangkat pukul 8.25 WIB.

Pewarta: Aziz Munajar
Editor: Hendra Agusta
Copyright © ANTARA 2019