Cilacap (ANTARA News) - Tim PSCS, Jawa Tengah, siap tampil maksimal saat menjamu Persipon Pontianak, Kalbar, pada laga perdana kompetisi sepak bola Divisi Utama di Stadion Wijayakusuma, Cilacap, Jateng, 15 April 2014.

"Tim makin lama mengalami peningkatan yang sangat bagus, baik kualitas fisik, teknik, ataupun organisasi tim. Sisa waktu satu minggu yang ada ini, kami tentunya tinggal menjaga kondisi adik-adik agar jangan sampai terjadi hal-hal yang merugikan tim ataupun dirinya sendiri, misalnya cedera atau sakit," kata Pelatih PSCS, Gatot Barnowo, di Cilacap, Jateng, Senin petang.

Menurut dia, pihaknya terus mengasah mental para pemain PSCS dengan meyakinkan sugesti bahwa tim yang berjuluk "Laskar Nusakambangan" itu bagus dan lebih bagus dari tahun lalu.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga meyakinkan para pemain PSCS untuk tampil maksimal dalam menghadapi Persipon Pontianak.

"Adik-adik harus bisa memenangi pertandingan itu dengan percaya diri yang bagus, saya kira akan lebih bagus. Tetapi tidak dengan overconfidence (percaya diri yang berlebihan), sehingga menganggap remeh lawan, apalagi bermain di kandang," katanya.

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa PSCS akan menggelar laga uji coba dengan melawan salah satu tim lokal anggota Pengcab PSSI Cilacap pada tanggal 10 April 2014 guna memantapkan kemampuan tim.

Dari laga uji coba tersebut, kata dia, pihaknya akan melihat kualitas dan ritme permainan para pemain PSCS serta penyelesaian akhir.

Ia mengakui bahwa penyelesaian akhir selalu menjadi kendala selama kompetisi tahun sebelumnya.

"Itu yang terus kami pantau, kami perbaiki, dan saya yakin nanti pada hari "H"-nya, adik-adik memberikan penampilan terbaiknya," kata dia menambahkan.

Disinggung nama-nama pemain yang akan diturunkan pada laga perdana tersebut, Gatot mengatakan bahwa saat ini sudah 15 pemain yang benar-benar siap.

"Berarti tinggal tiga yang kami cari lagi termasuk penjaga gawang, siapa yang akan menjadi cadangan. Kalau penjaga gawang utama, pasti Ega Rizky," katanya.

Sementara untuk lini belakang, kata dia, akan diisi oleh Erick Awaoundja dan Sarifudin, sedangkan posisi "libero" masih dipertimbangkan antara Haudi Abdullah dan Dedi Susanto karena kualitasnya hampir sama, sehingga nantinya pada hari H siapa yang paling siap.

Menurut dia, untuk posisi bek kanan akan dipercayakan kepada Andri Susanto, sedangkan bek kiri Julia Mardianus.

Akan tetapi saat ini, lanjut dia, Julia Mardianus baru sembuh dari cedera.

Kendati demikian, dia mengatakan bahwa Agus Purwoko juga memiliki kemampuan untuk menempati posisi bek kiri.

Di barisan tengah, akan diisi Saeful Amar dan Rastiawan serta satu lagi masih dipertimbangkan antara Wahyu Tri Harjanto dan Saeful Bahri.

"Wahyu Tri Harjanto saat ini belum sembuh total dari cedera tulang kering," jelasnya.

Sementara untuk posisi penyerang, kata dia, dipercayakan kepada Taryono yang berpasangan dengan Roberto Kwateh dan akan didukung Gunaryo sebagai cadangan.

"Jadi, ada tiga posisi yang masih kami timbang-timbang, yakni gelandang serang antara Wahyu Tri Harjanto atau Saeful Bahri, bek kiri antara Julia Mardianus atau Agus Purwoko, serta libero antara Dedi Susanto atau Haudi Abdullah," tegasnya.

Dia mengaku yakin bisa mengambil keputusan saat mendekati hari H pertandingan.

Ia mengharapkan para pemain tidak ada kendala karena laga perdana tersebut karena bagi PSCS merupakan kali pertama berhadapan dengan Persipon.

Menurut dia, selama ini PSCS belum pernah bertanding melawan Persipon Pontianak.

(KR-SMT/D011)

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014