Jelang musim hujan, waspadai tiga tanda rembesan air pada rumah

Jelang musim hujan, waspadai tiga tanda rembesan air pada rumah

Ilustrasi - Rumah di kala hujan. (https://pxhere.com/)

Jakarta (ANTARA) - Sebagian besar masyarakat menjalani aktivitas di rumah selama pandemi COVID-19, sehingga kondisi hunian harus terjaga baik demi memberikan rasa nyaman dan aman.

Namun menjelang masuknya musim hujan, pemilik rumah perlu memerhatikan rembesan air hujan yang berpotensi menyebabkan kebocoran.

Baca juga: Cara membuat tampilan kamar rumahan seperti kamar hotel

Aquaproof dalam siaran pers, Kamis, menyebutkan bahwa retak kecil pada rumah dapat berakibat rembes hingga bocor, dan bila dibiarkan akan menimbulkan masalah yang lebih besar, misalnya bertumbuhnya jamur karena rumah yang lembap.

Setidaknya ada tiga tanda rumah mulai rembes, menurut Aquaproof, pertama adalah adanya retakan, biasanya dimulai dari retakan seukuran helai rambut namun kemudian dapat melebar.

Kedua, muncul "blister" atau gelembung-gelembung udara di bawah lapisan cat yang dapat menyebabkan lapisan cat mengelupas, dan ketiga adalah bagian cat yang berubah warna yang ditandai noda warna kuning di dinding dalam rumah atau di plafon. Bila dibiarkan jangka panjang akan diikuti pertumbuhan jamur dan lumut.

Jika hal itu terjadi, yang harus dilakukan penghuni rumah adalah lakukan pengecekan, apakah dinding rumah rembes karena poin-poin yang disebutkan diatas, atau titik bocor dan rembesnya tidak terlihat karena satu dinding dengan rumah tetangga.

Selain itu, bocor di rumah bisa berasal dari sudut atap beton akibat genangan air.
 
Aquaproof dan Aquaproof Pro (HO)


Setelah memeriksa sumber rembes dan bocor, pemilik rumah dapat melapisinya dengan cat pelapis anti bocor yang tepat.

Aquaproof yang tersedia dalam 24 varian warna, berfungsi sebagai cat lapis tahan air yang bisa diaplikasikan pada bidang terlewati air seperti dinding luar rumah, wuwungan, atau atap asbes.

Sedangkan cat pelapis anti bocor untuk atap beton yang rawan genangan air adalah Aquaproof Pro karena memiliki sifat waterponding resistant (ketahanan genangan air).

Untuk menggunakan cat pelapis anti bocor, pengguna hanya membutuhkan kuas, roll maupun airless spray untuk bidang yang luas.

Aquaproof dan Aquaproof Pro sama-sama memiliki daya sebar 1 kg untuk 1 meter persegi tanpa dicampur air, dengan pilihan ukuran kemasan yaitu 4 kg atau 20 kg tergantung luas area bidang rumah. Cat pelapis itu tersedia juga di marketplace Tokopedia, Shopee dan Blibli.


Baca juga: "Japandi" tren desain rumah saat ini

Baca juga: Tips tata ruangan agar tampak luas dan berkarakter

Baca juga: Padu budaya Indonesia-Jepang, kantor TOTO raih penghargaan arsitektur

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Kini berinvestasi properti juga dilakoni kaum ibu

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar