Jakarta (ANTARA) - Indonesia Patriots mencatatkan kemenangan keempat beruntun mereka pada fase pertama Liga Bola Basket Indonesia (IBL) 2021 setelah membungkam Prawira Bandung 78-73 di gelembung Robinson Resort, Bogor, Minggu.

Sementara bagi Prawira Bandung, hasil kali ini jadi kekalahan pertama mereka setelah pada dua laga sebelumnya mampu menaklukkan Satria Muda Pertamina Jakarta dan Amartha Hangtuah.

Disiarkan langsung lewat kanal IBL TV di Youtube, Yudha Saputera memimpin perolehan angka Patriots dengan memborong 26 poin setelah bermain selama 25 menit.

Sebaliknya di kubu Prawira, pemain terbaik (MVP) musim lalu, Abraham Damar Grahita mencetak 26 poin, diikuti 11 poin dari kapten tim, Diftha Pratama.

Baca juga: Ringkasan hari keempat IBL 2021: Patriots berjaya, Louvre tertunduk

Meski tertinggal 14-18 di kuarter pertama, Indonesia Patriots yang diisi pemain tim nasional elite muda mulai menampilkan permainan yang agresif dengan mengandalkan fast break untuk berbalik memimpin 42-36 pada paruh pertama pertandingan.

Jual-beli serangan terjadi di periode berikutnya. Layup dari Yudha Saputera pada sisa waktu 28 detik langsung dibalas oleh Abraham Damar untuk memangkas jarak menjadi 58-59 tepat pada akhir kuarter ketiga.

Kuarter keempat dibuka lewat layup dari Abraham Damar untuk membawa Prawira unggul 60-59 sebelum tripoin Arighi mengembalikan keunggulan Patriots 62-60.

Baca juga: Firman Dwi Nugroho pimpin Prawira tundukkan Hangtuah 86-73

Selepas itu, Prawira mulai mengendalikan permainan bahkan sempat unggul 72-66. Namun delapan poin beruntun yang dibukukan Yudha Saputera serta empat tembakan bebas dari Arighi cukup untuk memastikan kemenangan Patriots 78-73.

Prawira Bandung bisa saja mengambil alih keunggulan seandainya dua percobaan tripoin dari Reza Guntara dan Abraham Damar di sisa waktu empat detik jelang berakhirnya pertandingan membuahkan poin.

Berdasarkan catatan statistik, Prawira memang masih kalah untuk urusan akurasi tripoin dengan persentase 16 persen, dibanding 28 persen dari Patriots.

Demikian juga dengan akurasi lemparan bebas, skuad asuhan Andre Yuwadi itu hanya mencatatkan 58 persen dibanding 85 persen milik Patriots.

Pada Senin (15/3), Prawira akan melawan NSH Mountain Gold Timika, sedangkan Indonesia Patriots dijadwalkan jumpa Satya Wacana Saints Salatiga pada Kamis (18/3).

Baca juga: Ringkasan hari kedua IBL 2021: Louvre dan Patriots menang lagi
Baca juga: Menpora apresiasi penerapan prokes di gelembung IBL
Baca juga: Abraham Damar sebut Andre Yuwadi pantik kebangkitan Prawira Bandung


Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021