Jakarta (ANTARA) - Saham Eropa bertahan stabil pada hari Kamis, diperdagangkan di bawah rekor tertinggi karena pendapatan yang kuat dari perusahaan asuransi dan aktivitas M&A (Merger dan Akuisisi) di Inggris membantu mengimbangi penurunan saham pertambangan.

Indeks STOXX 600 pan-Eropa datar di perdagangan pagi setelah delapan hari berturut-turut mencatatkan kenaikan.

Perusahaan asuransi Inggris Aviva naik 1,8 persen setelah mengatakan akan mengembalikan setidaknya 4 miliar pound (5,5 miliar dolar AS) kepada pemegang saham, sementara Zurich Insurance Group AG bertambah 2,2 persen karena melaporkan lonjakan 60 persen dalam laba operasi bisnis semester pertama.

Baca juga: Saham Inggris melemah, Indeks FTSE 100 turun terseret saham energi

Perusahaan asuransi Belanda Aegon NV melonjak 6,5 persen karena membukukan pendapatan kuartal kedua yang jauh lebih baik dari perkiraan.

Menyeret turun pertambangan, saham penambang global Rio Tinto yang terdaftar di Inggris jatuh 6,1 persen pada perdagangan ex-dividend.

Cineworld Group naik 7,2 persen setelah mengatakan sedang mempertimbangkan untuk mendaftarkan keseluruhan atau sebagian dari jaringan bioskopnya Regal di bursa saham Wall Street.

Stock Spirits Group melonjak 42,5 persen karena perusahaan pendanaan yang berafiliasi dengan perusahaan ekuitas swasta CVC itu setuju untuk mengambil alih produsen vodka yang terdaftar di London dalam kesepakatan senilai 767 juta pound (1,1 miliar dolar AS).

Baca juga: Saham perjalanan dan liburan angkat saham Eropa ke rekor tertinggi
 

Penerjemah: Biqwanto Situmorang
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021