Jepara (ANTARA News) - Tuan rumah Persijap gagal meraih angka penuh setelah bermain imbang 1-1 (0-1) melawan Sriwijaya FC Palembang pada laga lanjutan Kompetisi Sepak Bola Liga Super di Stadion Gelora Bumi Kartini (GBK) Jepara, Jateng, Sabtu malam.

Pada pertandingan yang disaksikan sekitar 6.000 penonton tersebut, kedua tim terutama Sriwijaya FC memainkan pola menyerang dan beberapa kali membahayakan gawang Persijap yang dijaga Danang Wihatmoko.

Sebaliknya tim asuhan pelatih Suimin Diharja terlihat sering melakukan kesalahan dalam umpan-umpan bola dan ketika pemain membawa bola dengan mudah direbut pemain Sriwijaya yang tampil taktis dengan umpan yang lebih terararh.

Di samping itu, dua kali penyerang Persijap Gendut Doni masuk perangkap "off side" yang dipasang pemain belakang Sriwijaya karena posisinya sering berada di belakang pemain Sriwijaya.

Tim asuhan pelatih Ivan Kolev mendapat peluang melalui tendangan Budi Sudasrono setelah menerima umpan dari Mahyadi Panggabean tetapi tendangannya terlalu tinggi di atas mistar gawang Persijap.

Kemudian dua kali pemain sayap kanan, M Ridwan tinggal berhadapan dengan kiper tetapi tendangannya berhasil ditepis kiper Persijap Danang Wihatmoko, kemudian pemain asal Korea, Lim Jung Sik juga berhadapan dengan kiper tetapi gagal.

Persijap mendapat dua peluang melalui Alberto Goncalves tetapi bola yang seharusnya ditendang ternyata terlambat dan diserobot pemain Sriwijaya FC padahal sudah berhadapan dengan kiper Sriwijaya FC, Feri Rotunsulu.

Kemudian sundulan kepala Gendut Dono setelah menerima umpan dari tendangan pojok Jose Sebastian tetapi masih terlalu tinggi.

Sriwijaya unggul 1-0 melalui gol yang dicetak Budi Sudarsono pada menit ke-43 melalui aksi "solo run" kemudian langsung menendang bola dari jarak sekitar 10 meter dari gawang Persijap dan gagal diantisipasi Danang Wihatmoko.

Memasuki babak kedua, tim asuhan pelatih Suimin Diharja lebih agresif melancarkan serangan setelah memasukkan Rizky Novriansyah menggantikan Gendut Doni.

Pada awal babak kedua ini tendangan keras Alberto Goncalves dan Johan Juansyah sering membahayakan gawang Sriwijaya FC.

Akhirnya Persijao berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 melalui gol yang dicetak Rizky Novriansyah pada menit ke-78.

Gol tersebut bermula umpan lambung rekannya kemudian ditahan sebentar langsung ditendang ke arah gawang Sriwijaya dan jatuh di sisi pojok kanan kiper Fery.

Sriwijaya mendapat peluang melalui tendangan keras pemain belakang Thiery yang membantu penyerangan tetapi tendangannya berhasil ditepis kiper Danang Wihatmoko yang sempat menjatuhkan badannya untuk menyelamatkan gawangnya.

Sampai pertandingan usai kedudukan tetap 1-1. Persijap tinggal memainkan satu pertandingan di kandang Persiba Balikpapan, Minggu (19/6).

Wasit Iis Isya mengeluarkan kartu kuning untuk Evaldo Silva, Anam Sahrul, dan Johan Juansyah (PersijaP, serta M Ridwan (Sriwijaya FC).(*)

(H015/I015)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011