Jakarta (ANTARA) - BEM UI 2022 di bawah fungsi Departemen Sosial Masyarakat bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Jakarta Selatan mengadakan aksi donor darah bersama untuk mendorong pemenuhan kebutuhan kantong darah di Jakarta.

“Melalui penyelenggaraan aksi donor darah yang berlangsung kurang lebih enam jam ini, BEM UI bersama dengan PMI Jakarta Selatan berhasil mendapatkan 50 kantong darah dari 86 calon donor darah. Nantinya, kantong-kantong darah tersebut akan disimpan dan digunakan sebagai cadangan kebutuhan kantong darah untuk PMI Jakarta Selatan,” ujar Koordinator Bidang Sosial Lingkungan BEM UI 2022, Amira Widya Damayanti, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa.

Melalui kegiatan itu, BEM UI berharap agar perayaan Hari Donor Darah Sedunia itu dapat menjadi momen untuk meningkatkan kesadaran untuk mendonorkan darah secara sukarela mengingat tingkat donor darah sukarela di Indonesia relatif masih belum dapat memenuhi kebutuhan.

“Kebutuhan donor darah di Indonesia masih belum diimbangi dengan jumlah donor darah sukarela yang ada sehingga besar harapannya momen Hari Donor Darah ini bisa dimanfaatkan untuk menjadi wadah untuk menyeimbangkan ketersediaan dan permintaan darah di Indonesia,” terang dia.

Departemen Sosial Masyarakat BEM UI, tambah dia, mengajak para mahasiswa untuk menjadi pahlawan masa kini dengan mendonorkan darahnya secara sukarela karena akan selalu ada orang yang terbantu dengan darah yang disumbangkan. Kegiatan itu terbuka untuk masyarakat umum dan civitas akademika Universitas Indonesia (UI).

Salah satu panitia penyelenggara aksi donor darah, Azmi Shakilla Khairany, mengatakan kegiatan itu diharapkan dapat memberikan kebermanfaatan untuk semua orang dan dapat meningkatkan kepedulian para pendonor maupun masyarakat umum untuk peduli dengan sesama dan melakukan hal yang mungkin dianggap kecil tapi bisa memberikan impact yang besar.

“Seperti tema yang kami bawakan, yaitu “Share Blood Share Life” dengan memberikan satu kantong darah saja kita sudah bisa memberikan kehidupan untuk orang lain, dengan donor darah kita bisa jadi "Pahlawan Masa Kini”. BEM UI 2022 percaya bahwa setiap orang dapat menjadi pahlawan, setiap orang dapat memberikan kehidupan,” kata Azmi.

Baca juga: Aliansi BEM se-UI minta Pemerintah buka draf terbaru RKUHP
Baca juga: Hari Lingkungan Hidup Sedunia, BEM UI bersihkan Sungai Ciliwung
Baca juga: BEM UI berikan bantuan beasiswa dari hasil konversi sampah


Pewarta: Indriani
Editor: Arief Mujayatno
Copyright © ANTARA 2022