Kudus, Jawa Tengah (ANTARA) - Audisi Umum PB Djarum 2022 memasuki tahapan skrining kedua di GOR Djarum, Jati, Kudus, Jawa Tengah, Kamis, dengan para peserta diberi kesempatan bertanding melawan peserta lainnya selama 10 menit sembari dipantau oleh tim pencari bakat yang duduk di pinggir lapangan.

Ada sebanyak 1.060 peserta yang tampil dalam skrining kedua, terdiri atas 336 atlet putra kategori U-11, 170 putri U-11, 389 putra U-13, dan 165 putri U-13.

Mantan pebulu tangkis nasional yang juga tergabung dalam tim pencari bakat, Richard Mainaky, mengatakan bahwa motivasi dan antusias para peserta dalam audisi sangat tinggi sekali. Ia menyebut bakat para pebulu tangkis belia itu juga sudah mulai terlihat.

"Hari kedua kami sudah melihat ada 1, 2, dan 3 peserta yang mempunyai kualitas yang cukup tinggi. Kami memberikan bintang 3 kepada para peserta dengan kualitas bagus," ungkap Richard di sela-sela audisi PB Djarum di Kudus, Kamis.

Baca juga: Ikut audisi PB Djarum, adik Siti Fadia ingin ikuti jejak sang kakak

Mantan pelatih ganda campuran Pelatnas Cipayung itu menambahkan bahwa ada beberapa aspek yang masuk dalam penilaian tim pencari bakat, terutama daya juang di lapangan dan teknik bermain.

"Ada banyak aspek yang kami nilai, seperti fighting spirit di lapangan serta didukung dengan kualitas tekniknya dan bakat," kata Richard.

"Kalau kami lihat dua hari ini lebih ke bakat, potensi mereka, selain dari poinnya ya karena poin tidak terlalu menentukan," ujarnya lagi 

Selain Richard, tim pencari bakat juga dihuni oleh barisan legenda bulu tangkis lainnya, yaitu Liem Swie King, Alan Budikusuma, Susy Susanti, Eddy Hartono, Haryanto Arbi, Kartono, Maria Kristin, Fung Permadi, Ivana Lie, Liliyana Natsir, Lius Pongoh, Yuni Kartika, dan Tontowi Ahmad

Setelah skrining tahap kedua, Audisi Umum PB Djarum 2022 akan berlanjut ke tahap turnamen pada 21- 23 Oktober sebelum memasuki babak karantina.

Untuk kategori putra, para semifinalis di kelompok usia U-11 dan U-13 akan masuk ke tahap karantina. Sementara di sektor putri, mereka yang berhak melaju ke tahap karantina adalah yang berhasil masuk ke babak final turnamen.

Baca juga: Legenda bulu tangkis terlibat dalam Audisi Umum PB Djarum

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2022